Rabu, Januari 30, 2008

TIPS BUKA BUTIK IV : MENJARING LANGGANAN



Pertanyaan ini sering sekali saya dapatkan dari pemula di usaha ini atau bagi yang baru mencoba... Saya berusaha kasih alternatif yang barang kali bisa membantu.


Yang harus dilakukan pertama adalah segmentasi pasar butik kita... baru sesudahnya kita tentukan di mana kita kan menjerat mereka... hehehe...


Di era persaingan yang sangat ketat kita kita tidak bisa menunggu langganan jatuh dari langit... hehehee..., jadi istilahnya kita yang harus aktif menjemput " bola " dengan memberikan servis yang lebih baik.


o1. Pertemanan, semakin banyak berteman semakin baik. Jaringan informasi yang terbaik dan tentunya termurah adalah pertemanan.


02. Memperluas pergaulan ke kalangan yang baru sama sekali untuk kita. Beranikan diri untuk memperkenalkan diri ke kalangan baru yang prospektif, misalnya organisasi-organisasi perempuan, ikatan profesi, perkumpulan-perkumpulan penggemar olah raga tertentu atau hobby lainnya. Believe me, it's gonna work...


03. Cari data base yang berharga atau kalau perlu beli, bisa dari perusahaan kurir, atau perusahaan khusus penjual data base, lalu aktif kirimkan organisasi secara berkala. Mungkin efeknya tidak langsung, tapi efektif untuk brand awareness...


04. Aktif memanfaatkan posting iklan di media yang benar-benar tepat sasaran prospective buyer. Memang untuk ini kita harus mengalokasikan secara khusus anggaran untuk budget iklan.


05. Bekerja sama dengan pengantar koran atau petugas kurir untuk menyebarkan leaflet atau pamflet bersamaan dengan dia menjalankan tugasnya mengirim dokumen-dokumen, tapi untuk ini kita harus training mereka supaya mereka menyebarkan ke sasaran yang tepat.


06. Rajin mengikuti bazaar umum, private atau pameran-pameran besar yang banyak dikunjungi orang yang tersegmentasi sejalan dengan target market kita, supaya brand kita dikenal khalayak umum.


07. Jajaki kemungkinan bekerjasama dengan bank - bank yang memiliki club prioritas bagi nasabah-nasabah prime mereka... Bergabunglah dengan acara-acara yang mereka adakan secara rutin, berbaurlah di acara itu, sehingga kita dapat mengenal dengan baik nasabah-nasabah mereka yang sangat potensial.


08. Aktiflah menawarkan diri meminjamkan koleksi kita ke pada majalah-majalah terkemuka / tv produser/ production house untuk menggunakan koleksi kita diacar-acara mereka. Ini adalah promosi yang sangat ampuh...


09. Bekerja sama dengan institusi yang menjadi tempat crowd / keramaian orang banyak. Beberapa tahun yang lalu saya dimintain tolong oleh perusahaan pemegang hak jual Salvatore Ferragamo untuk menyebarkan katalognya yang sangat chic itu ... lalu katalog itu saya sebarkan ke Rumah Sakit swasta khusus pasien VIP, ... believe me or not, ternyata orang yang sedang tergeletak di rumah sakit pun ada yang masih gatelan belanja... trus minta bantuan suster untuk menelpon outlet salvatore, trus barangnya di antar ke rumah sakit... ga nyangka kan... Di saat yang bersamaan ada seorang pasien tua yang sangat kaya yang sudah cukup lama tergeletak di sana, dia sangat sayang sekali dengan seorang suster, lalu dia membelikan apa yang ada dikatalog itu untuk suster tersebut..


10. Buka website dengan nama kita sendiri agar dikenal khalayak.. believe me... the power of internet is so amazing in such a very short time.... Up grade secara rutin isi website itu supaya pembaca tahu butik kita selalu punya stok baru yang menarik untuk dilihat. permasalahan di Indonesia, sering kali terbengkalai karena pemiliknya tidak rajin meng-upgradenya.


11. Bergabung lah dengan milis-milis atau forum yang ada di website yang anggotanya bisa dijadikan prospective client. Aktif lah jika ada acara kopi daratnya berteman lah dengan sesama anggota...


12. Rajin lah mengadakan gathering kecil-kecilan walah tidak usah mewah sebagai tanda respek terhadap customer kita, ajak mereka untuk juga membawa teman-teman... untuk memperluas networking.


13 Bekerja sama lah dengan seorang artis dengan reputasi yang baik yang cocok dengan segmentasi target market, jadikan dia promosi berjalan, tapi pastikan dengan perjanjian yang jelas...



Best regards,


Amy

Senin, Januari 28, 2008

LIST BARANG BELANJAAN DI GUANGZHOU YANG SALEABLE




















Dalam rangka mau ikut buying trip tour ke China, saya dapat pe er nih dari teman saya untuk menulis daftar barang barang yang bisa di beli di sana, dengan catatan harus saleable... Saya sudah keburu janji sama madame ini untuk mementorinya membuka butik... hehehee... jadi begini dah akibatnya....


Siap madame !!!


Daftar ini dibuat urut dari yang paling saya suka banget...


Dengan catatan... jangan pada ngiler yah habis ini...


Jenis : Garment


FIY : Guangzhou adalah pusat industri garment dan kulit di China, jadi semua barang garment yang dijual di China berasal dari Guangzhou.


01. Baju-baju branded Hongkong yang dibuat di Guangzhou ( mis. : Bettu, Ayilian, Giordano, ADAC, dll. ). Khusus untuk Giordano dan Bossini, harganya bisa 70 % lebih murah dari outlet di Jakarta dan Singapore dengan pilihan yang jauh lebih banyak untuk baju perempuan, laki-laki dan wanita.


02. Stock Lot, a.k.a sisa eksport, Guangzhou adalah surganya... hanya saja kita harus benar-benar tahu tempat yang pas, karena kalau tidak berpengalaman, nyaris tidak bisa membedakan mana yang asli sisa eksport dan mana yang tembakan... ( tempatnya... rahasia.. ) I will tell you how.... Yang saya suka, shirt, t-shirt, long sleeves, short sleeves, Jacket, Training Set dari Burberry, D&G, Armani Exchange, PRADA SPORT, POLO, GAP, Banana Republic... Barang-barang ini lah yang bikin saya kalap untuk beliin si mantan pacar... dan bikin teman-teman saya juga kalap untuk membelinya...


03. Underwear & Lingerie, menurut saya untuk kualitas tertentu ( bukan yang abal-abal ) banyak sekali pilihan yang seakan tidak ada batasnya dari segala model dan warna. Panties, Bra, Camisole, Pajamas, Sexy Lingerie... so cute... dijamin pengen beli semuanya...


Jenis : Aksesoris


Guangzhou is an heaven for this stuff....


01. Ikat Pinggang.. saya sudah keliling dunia... tempat terbaik membeli ikat pinggang yang unik walau tidak bermerek adalah di Guangzhou ( baik yang dari kulit asli maupun imitasi )... dari yang lebar seperti obi, dengan variasi batu-batuan yang semuanya cute banget....


02. Aksesoris Rambut... Guangzhou ini benar-benar ga ada matinya... dan semua lucu... dan semuanya... mursidah... alias.... murah... dari yang material plastik sampai batu-batu semi precious stone.


03. Aksesoris dari Batu-batuan, terutama yang dari Jade/ giok, namun kita harus ekstra hati-hati dan sedikit paham membedakan yang asli dengan yang palsu , apalagi untuk giok yang bukan berwarna hijau. Paling tidak harus beli di toko-toko yang dapat dipercaya. China juga surga untuk batu-batuan. Untuk penggemar merangkai beads... China adalah sumber yang tidak ada matinya...


Jenis : Leather Goods


China is very popular about super premium fake... even the expert pun kadang susah membedakannya secara kasat mata. Belanja yang super fake ini susah-susah gampang. Biasanya toko-toko tidak ada yang memajang barangnya. Kalau tidak kenal, kadang mereka malas menunjukan gambarnya, mereka trauma sekali dijebak polisi. Jadi biasanya kita disodorkan gambar, atau kita bawa gambarnya, lalu kita pesan, nanti barang-barang akan diantar ke hotel. Biasanya mereka minta sedikit panjar sebelum diantar ke hotel. Yang super fake bukan hanya tas atau baju, jam tangan, kaca mata... you won't believe it. Dalam kunjungan ke Guangzhou saya akan menunjukan barang-barang "ajaib" ini dan bagaimana dan di mana mendapatkannya.


Tas , Dompet dan Koper, tidak usah yang fake, yang genuine unik juga banyak sekali variasi yang benar-benar lucu, cute dan kalau di pakai di Jakarta jarang ada kembarannya. Saya paling suka beli clutch bag di China, biar tidak branded, tapi banyak yang lucu-lucu dan harganya semua reasonable....


Notes :

Saya sama sekali tidak mem persuade orang untuk memakai barang fake. Tujuan saya menmbuat acara perjalanan ini adalah semata saya hanya ingin menunjukan betapa canggihnya pemalsuan barang, seperti apa barang yang "canggih " itu dan berapa sebenarnya harga seperti itu di sana dan lihat berapa harga barang ini di jual di Indonesia. Dan yang jelas melihat, sudah berapa banyak diantara kita tertipu oleh butik-butik yang tidak bertanggung jawab itu.


Saya pribadi sudah geram sekali melihat kelakuan butik-butik di Indonesia yang suka mencampur barang asli dengan barang palsu ( super fake yang dijual dengan harga asli ) dalam butiknya, atau membohongi klien2 yang menurut saya membeli tanpa adanya pengetahuan.


Menurut saya membeli barang asli atau palsu dengan pertimbangan apapun adalah hak pribadi orang, namun tetap saja tidak etis membohongi pembeli. Sebagai pedagang, cari untung itu boleh, namun jangan kelewatan, jual barang palsu harga asli.


Anda penasaran, atau udah ngences... sampai netes-netes...


Makanya, gabung dong ke Buying Trip Tour with BSM to Guangzhou, China..


Best Regards,


Amy

Jumat, Januari 25, 2008

http://www.fashionesedaily.com


Surat Dari Amy Untuk Semua Pembaca Belanja-Sampai-Mati ( BSM )

Kemarin salah satu artikel BSM " BENARKAH ORANG INDONESIA GILA BELANJA " mendapat kehormatan dibahas di forum dari http://www.fashionesedaily.com. Terima Kasih untuk sdri. Galuh Sitompul untuk kepedulian dan sensitivitasnya terhadap artikel saya yang satu ini. FIY, saya juga member dari FD. Saya senang sekali sama website yang satu ini. Salut untuk Hanzky pemiliknya.

Artikel ini sebenarnya sudah lama mau dimuat, tapi saya harus berpikir berkali-kali mempublikasinya karena, takut ada yang tersinggung, takut banyak yang tidak percaya karena "ajaibnya" cerita ini, takut diprotes orang karena sangat hedonis. Tapi saya merasa ada kewajiban untuk mempublikasikannya, bukan karena ingin pamer kemewahan, tapi justru untuk memancing sensitivitas pembaca atas apa yang menimpa negeri ini yang bolak-balik diterpa krisis moneter, sementara selapis kecil masyarkat Indonesia malah amat sangat berkelimpahan dan menghambur-hamburkan kelimpahannya diluar ambang batas kewajaran. Lapisan kecil ini justru bukan orang-orang yang mencari dengan keringat bercucuran, namun orang yang mengambil kesempatan diatas krisis yang melanda negeri ini yang membuat rakyat semakin menderita. Ini bukan retorika loh..

Perlu saya sampaikan, bahwa blog BSM dibuat bukan untuk pamer kemewahan. Awal pemikiran blog ini adalah hobby orang Indonesia yang tidak dapat disangkal BELANJA a.k.a SHOPPING. Menurut saya, sah saja jika orang punya hobby belanja. Itu hak azazi, kan pakai duitnya sendiri.

Yang ingin saya sampaikan adalah smart shopping... , belanja yang cerdas, yang meskipun benda itu sekilas mahal, tapi worthy / seimbang dengan harganya. Jadi bukan semata karena kalap atau dorongan sesaat.

Saya juga pencinta produk Indonesia, sebisa mungkin saya mengajukan produk-produk Indonesia yang akhir-akhir ini perkembangannya luar biasa dan tidak kalah dari segi trend dan harga. Kebiasaan orang Indonesia untuk belanja, jika disalurkan untuk produk-produk Indonesia dapat berarti positif karena dapat menstimulus ekonomi negara ini dan dengan sendirinya berdampak ekonomi pada masyarakat.

Jika saya menulis suatu brand, butik atau designer, itu bukan promosi dan saya sama sekali tidak dibayar. Itu semata hanya sharing pengetahuan dan pengalaman dari saya. Kata mantan pacar saya, mempromosikan produk orang tanpa dibayar besar pahalanya. Walaupun sampai sekarang hanya Cristian Tortu yang mengirim ucapan terimakasih, padahal comment dari saya untuk Christian Tortu cuma satu alinea.

Saya membuka pintu yang lebar untuk kritik dan saran terhadap semua tulisan saya. Saya sadar, bahwa tulisan saya masih jauh dari sempurna, masih perlu dikoreksi dan direvisi. Untuk itu jangan segan-segan menulis kritik atau saran di comment atau shoutbox yang telah disediakan. Ditunggu yah...

Keep Reading BSM ya...

Cheers

Amy

Kamis, Januari 24, 2008

CHARLES AND KEITH


















A Brand Review Based on My Experiences

Founder : Charles Wong & Keith Wong 1990

Brand asal Singapura yang kebanyakan produknya ( sepatu dan sendal pertama kali, lalu tas )dibuat di Malaysia dan China ini sangat fenomenal. Tokonya tidak pernah sepi di belahan manapun di dunia ini. Perempuan-perempuan sering kalap kalau di toko ini, mungkin karena nyaris semuanya cute, jadi semuanya mau dibeli. Mungkin karena harganya yang affordable dan lumayan enak dipakai dan tahan lama. Sejak ada pembatasan pembelian Charles and Keith ( 10 psg / pembelian ), pere-pere ( perempuan )Indonesia ga kehilangan akal untuk bisa beli banyak ( karena biasanya teman-teman juga sekalian nitip ).


Toko pertama mereka di Amara , Singapore. Tahun 1999 membuka outlet pertama mereka di luar Singapura, di Jakarta, Ratu Plaza. Sejak itu Charles and keth merambah kemana-mana, dari asean dan timur tengah. Tahun 2006 tercatat sudah 90 outlet dimiliki Charles and Keith.

Tahun 2007 Charles and Keith mulai memproduksi aksesoris seperti Sun Glasses dan Ikat Pinggang. Menurut saya Ok juga sih, lumayan untuk ganti-ganti gaya.















Sandals

Thongs alias Sendal Jepit



Berdasarkan pengalaman saya, yang paling ok dari brand favorit banyak perempuan Indonesia, adalah sendal flatnya termasuk sendal jepit... Nyaman banget dan kuat banget dan style nya ok banget.. Teman saya kadang suka ketawain saya beli sendal jepit saja bisa hampir 200 rb, tapi bagaimana yah, saya suka banget. Saya hampir selalu jalan ke mall ( yang bisa dipastikan bakalan berjam-jam ) dengan sendal jepit Charles Keith yang cantik banget. Saya paling suka kalau habis pedicure jalan-jalan pakai sendal jepit Charles and Keith, sekalian mamerin kaki saya yang lumayan bak model.... heheheee......



Kitten Heels a.k.a Sendal hak 5 cm



Sejak jatuh terpeleset yang menyebabkan pergeseran tulang sikut, saya tidak berani lagi pakai high heels, padahal aslinya saya stilleto mania. Terpaksa lah saya pakai Kitten Heelsnya C&K juga enak banget, biasanya saya sekalian beli sama tas atau clutch bag yang senada.



High Heels Sandals



High Heelsnya C&K menurut saya termasuk cukup kuat ( karena saya hanya kalau pesta saja memakainya ). Koleksi saya termasuk cukup lengkap dari segi warna. Saya paling senang kalau yang paduan dengan batu-batuan.



Wedges



Gara-gara saya hobby pakai wedges, teman-teman saya jadi kecanduan juga pakai wdges, biar tinggi namun tidak melelahkan. Saya suka sekali wedges yang alasnya terbuat dari bahan sejenis goni.

Sepatu



Nah, ini dia nih, mungkin saya juga yang agak-agak ga normal, saya senang juga pakai sepatu C&K, saking sukanya, saya punya sekitar 10 pasang sepatu kerja yang semuanya hitam
dan modelnya cuma beda-beda tipis. Saya juga suka sepatu flat balerina nya yang bahannya seperti suede

Boots



Saya pernah sekali mencoba bootsnya C&K. Modelnya memang sangat trendy, tapi mungkin karena tidak terbuat dari kulit asli baik luar dan lapisan dalamnya, jadi baru dipakai sebentar terasa panas. Tidak terlalu cocok untuk orang yang alergi kulit imitasi.

Tas



Sebenarnya saya kurang suka dengan tas-tas C&K habis modelnya ( kecuali clutch bag ) banyak copy paste dari it bag ( ada yang mirip Balenciaga, Spy Bag Fendi, ada yang mirip Chloe Paddington) . Saya jadi agak-agak ill feel. Kulitnya tidak ada yang asli, kebanyakan dari PVC / kulit sintetis jadi mudah tergores dan pecah-pecah. Kalau clutch bag harus saya akui, keren-keren banget, apalagi yang terakhir dari suede warna abu-abu yang ada rantainya juga.

Sun Glasses



Ok juga, selain harganya affordable ( di sing $30-40 an ) lumayan buat ganti-ganti gaya bagi para " banci tampil "... heheheee..... No offense... Cuma jika dibanding barang sejenis dari high end brand yah masih kurang kuat lah strukturnya.

Belt

Sebenarnya saya suka banget mengkoleksi Belt, cuma kayaknya Beltnya C&K tidak friendly untuk orang bertubuh besar yah... ukurannya sangat terbatas... Tapi modelnya sudah cukup fashionable.

Ok.. deh...

Have a smart shopping !!!!

Amy

Senin, Januari 21, 2008

RESTAURANT-RESTAURANT LEGENDARIS DI JAKARTA


















Kategori :


Restaurant yang minimal sudah berusia dua generasi ( +/- 50 tahun ) dan sudah dinikmati oleh minimal dua generasi dengan memori-memori khusus. Restaurant tersebut harus memiliki kharisma terhadap dua generasi tersebut, konsisten dalam menjaga rasa dan tahan tegak ditengah serbuab restauran-restauran asing yang masuk ke Indonesia.


Restaurant-Restaurant tersebut adalah :


01. Bakmi Gajah Mada


Waktu zamannya Mama dan Papa saya pacaran, restaurant ini sudah ada, dan semakin dekat dengan kami yang tinggal di kebayoran waktu buka di dalam pasar Blok M. Saya ingat sekali, pertama kali bisa baca, saya hapal sekali harga semangkok bakmi GM Rp. 600 ,- gila!!! murah amat ya... bayangkan lah berapa inflasi Indonesia selama 29 tahun ini....!!! sekarang sekitar 20 ribuan kan....


Mungkin saya bisa berbohong sama orang berapa jumlah pacar saya selama ini, tapi kalau tembok bakmi GM di PIM bisa bicara... pasti dia bisa cerita siapa aja gebetan saya... hehehe... habis saya doyan banget ke sana...


Yang saya heran, cita rasa nya kok bisa ga berubah ya selama puluhan tahun ??? Pasti quality Control nya ketat banget.


Menu Wajib : Bakmi Special GM Bakso + Pangsit Goreng + minum Cinderella Slush..


02. Bakmi Boy Mayestik dan Blok M


Entah kenapa, papa saya doyan banget bakmi Boy... Menurut dia, bakmi ini sudah ada sejak dia kuliah di kedokteran UI tahun 60 an... buset dah... lama amat yah... Tapi kelebihan bakmi boy sih kalau menurut saya di baksonya... mmmppphh... jadi laper...


Menu Wajib : Mie Bakso dengan minum es teh tawar.


03. Nasi Campur Kenanga ( Jl. Kenanga Senen dan Grand Wijaya Kebayoran )


Kalau Papa saya senang sekali sama mie babatnya, kalau mantan pacar saya suka sama mie campurnya... Cita rasanya juga sama sekali tidak berubah sampai sekarang. Kalau hari minggu saya suka beli bacang dan kue-kue kuno di sana....


Menu Wajib : Appetizer nya otak-otak, mie babat, minumnya kalau saya es teh tawar saja biar ga enek...


04. Restaurant Trio



Kalau yang satu ini favorit Papa Mertua saya almarhum dan Papa saya. Mertua saya kayaknya doyannya sama capcay dan ayam goreng. Kalau favorit Papa saya dan tentunya saya sejak saya masih kecil adalah Steamboatnya yang jadul banget ( karena semua langsung dicemplungin ) tapi sumpah mati enak....nak...nak...


Menu Wajibnya : Steamboat lengkap dengan es kacang... slrrrpphhh...slrrrppphhh..ennaak


05. Gado-Gado Boplo


a.k.a. gado-gado termahal di dunia ini emang enak sekali... bumbu kacangnya samapi sekarang belum ada tandingannya.... Meskipun porsinya cukup besar tapi saking enaknya ga terasa... Gado-Gado Boplo sudah jadi tempat nongkrong dan tempat bolos sekolah favorit anak-anak SMA tahun 60 an.... Zaman itu tempat favoritnya ibu saya juga beserta genknya....


Menu Wajib : Gado-gado dengan es jeruk perasnya...


06. Bakmi Gang Kelinci ( Pasar Baru )


Remaja dan anak muda generasi 60an dan 70an tidak ada yang tidak tahu bakmi GK. Saat itu pilihan tempat makan kan belum sebanyak sekarang. Bakmi GK memang tergolong terlambat dalam berekspansi.


Bakmi baksonya sangat enak dan legendaris. Sahabat saya Dian, penggemar berat bakmi GK. Jadi bayangkanlah... tahun 90an, saat saya kuliah di UI, dulu belum ada tol, belum ada jalan arteri, jadi depok terasa amat sangat jauh. Saking sayangnya saya sama sahabat saya ini, saat dia lagi ngidam Bakmi GK, pergilah kami naik Patas AC, satu-satunya angkutan dari depok yang nyampe ke pasar baru... Biar kata ada tulisan AC tetap saja kami terpanggang sampai ke Pasar Baru selama 2 jam, tapi anehnya saya ga bete, malah senang sekali...Mungkin ini yang dinamakan persahabatan. Bayangkan aja deh... hanya untuk semangkuk bakmi GK.... Sekarang sahabat saya itu wanita karir yang sangat sukses, dan kami selalu tertawa inget kejadian konyol ini...


Menu Wajibnya : Bakmi Bakso dan es campurnya.... wuihhhhh segernya...


07. Sate Cikajang


Untuk orang yang tinggal di Kebayoran baru, sate ini terkenal enak dan sangat ngetop.


Menu Wajibnya : Sate, dimakan pakai lontong, minumnya es jeruk....


08. Steak Gandy di Gajah Mada


Di masa kejayaannya, Gandy adalah tempat paling prestigious untuk makan aneka steak yang tahun 70-80an masih termasuk makanan mahal. Pada masa itu orang rela antri makan malam di sana ( terutama malam minggu ) selama berjam-jam.


Menu Wajibnya : T Bone Steak dengan Fruit Punch


09. Sop Kambing Irwan di samping gereja GKI Panglima Polim


Favorit saya dan mantan pacar beserta almarhum papa mertua saya. Sampai sekarang belum ada sop kambing yang seenak Sop kambing Irwan. Bau kambingnya tidak tercium sama sekali. Sop ini harumnya khas sekali. Jadi dari kejauhan saja sudah bikin lapar. Saya suka paru, mantan pacar saya suka kikil.


Menu Wajibnya : Sop Kambing dengan es teh tawar.


10. Restaurant Oasis di Jl. Raden Saleh Cikini.


Tempat paling legendaris dan penuh kemewahan ala zaman kolonial belanda yang ambience nya terasa sangat eksotis. Masakan rumahannya sih biasa saja untuk orang Indonesia ( mungkin karena saya terlalu sering makan enak, tapi pelayanannya yang membuat pengunjung serasa raja atau bangsawan dan cara penyajian rijstaffel ala kolonial belanda membuat restaurant ini menjadi legenda sampai ke manca negara.


Menu Wajibnya : Bistik kuno dan huizen salad.... mmmmmppphhh.... bikin ngiler saja...


Selamat bernostalgia...


Cheers,


Amy

Sabtu, Januari 12, 2008

SANRIO



















Hi Girls... Inget logo ini ???????

Familier dengan karakter-karakter ini ?












Yes... It was a must have for a young gilrl at my childhood...Kalau cewek-cewek yang sepantaran saya, tinggal di Jakarta, kelas menengah ke atas? dipastikan ga ada yang ga kenal Sanrio dan icon-icon lucunya....



Let me reintroduce you to my cute little bestfriends :



Hello Kitty of course..., Little Twin Star, My Melody, Tuxedo Sam si pinguin kesayangan saya, Patty and Jimmy, Seven Silly Dwarfs, Keropi, Chococat, The Vaudeville Duo, Badtzmaru, Deery Lou , Cinnamorrol, Charmy Kitty ( binatang peliharaannya Hello Kitty ), Strawberry King , Chi Chai Monchan , Gatorgags si buaya, Puwawa si anak anjing laut, Hooty Hoots si burung hantu, Chibimaru, Dokidoki Yummichum, Kuririn, Landry, Minna No Tabo, Monkichi si monyet yang lucu dan menggemaskan, Pandapple, Pekkle, Pochacoo, Purin, Suggarbunnies, Spottie Dottie, Shinkansen ( si kereta api ) , Dachonosuke, Flight of Fancy ( gambar kuda unicorn yang selalu dapat mengabulkan permintaan, Duckadoo ( si bebek yang rajin sekolah... ), Mokuba si kuda-kudaan bayi..., Boy and Girl, Suihei si pelaut, Puppie Luv, Twee Dee Drops si bajak laut, Gimme Five para pemain soft ball, Puka-Puka Paradise si ubur-ubur lucu, Spunky Buro si keledai...., Orange Pchan,


Perkenalan saya dengan icon-icon lucu ini tahun 1976, saat itu ayah saya baru saja kembali dari Jepang setelah menyelesaikan pendidikan spesialis bedah. Ayah saya membawakan saya jepit rambut, sapu tangan dan peniti Hello Kitty. Ibu saya paling doyan tuh menitiin sapu tangan di dada saya. Selain takut hilang, juga emang waktu kecil saya ileran kali ya....Sejak itu jadilah saya penggemar berat seluruh anggota keluarga SANRIO terutama si kucing imut Hello Kitty dan kolektor barang-barang sanrio yang pada masanya ( 1976-1987 ) termasuk yang paling heboh.... Jika om dan tante saya ada yang berpergian ke luar negeri, pasti oleh-oleh nya Sanrio, saya akan sangat senang sekali meskipun hanya sebatang pensil.


Saya mengumpulkan puluhan sapu tangan ( baik dari bahan katun ataupun handuk ). Favorit saya yang extra large bisa buat bandana dari Little Twin Star. Sapu tangan ini saya pakai sampai amat sangat lusuh sekali. Gimana ga??? dari SD sampai SMA !!!... Saya mungkin saja berbohong kalau saya tidak pernah nyontek, tapi kalau sapu tangan -sapu tangan saya bisa bicara mungkin dia bisa teriak BOOOOONNNNGGGG...........



Saya juga sangat cinta dengan ratusan koleksi pensil dan kertas surat khusus Sanrio, tapi jangan coba-coba ambil, karena hilang satu saja saya segera sadar dan bisa meradang berhari-hari. Hobby saya saat itu tukeran sama teman-teman saya. Teman terbaik saya untuk urusan tukeran adalah sewaktu di SD PSKD VI , Devy Sibarani... ( halo dev, kamu dimana??? ). Koleksi Sanrio dia juga amat sangat fantastis pada masa itu....



Barang kesayangan saya adalah :



Jam tangan Hello Kitty yang kalau mau lihat jam berapa harus dibuka dulu badannya, Telepon Hello Kitty ( waktu itu belum ada HP... ) , Celengan Hello Kitty yang sering dicuri kalau lagi ga dikasih duit jajan..., Handuk mandi, keset , Dompet Little Twin Star yang ada kaca, sisir,tisu dan sapu tangannya lengkap. Botol Minum yang kalau ketinggalan di sekolah bisa kena strap ibu saya, Diary setiap tahun ganti dan selalu Hello Kitty, tapi terakhir SMA Keropi. Tas-tas sekolah ( mostly kitty dan Little Twin Star ), Puluhan buku tulis yang dipakai sehari-hari ke sekolah, Yang paling mahal justru ( kata ibu saya, di beli di Kyoto waktu beliau sekolah Ikebana ) tempat roti bertingkat yang lengkap ( tempat nasi, lauk, salad sampai buah ) dengan sumpit, garpu, sendok dan pisau tersusun rapi sekali gambar Little Twin Star... Heran juga kenapa ini yang paling mahal ??? Tapi berhubung waktu itu saya masih kecil jadi tidak banyak tanya.



Wuihhhh... koleksi saya saya saat itu lumayan lengkap dan sering bikin iri teman-teman sebaya saya. Tapi saya sering juga loh kecurian...., trus yang ada di rumah saya nangis.... aneh nya kalau saya ngadu sama ibu, dia malah marahin saya, katanya salah saya sendiri tidak hati-hati menjaga barang mahal. Jadi saya malah suka diam saja kalau kehilangan barang.


Tempat belanja favorit untuk bela beli SANRIO pada masa itu di Jakarta adalah toko Selatan Baru di Ratu Plaza ( mall paling heboh pada waktu itu dengan lift kapsulnya ) dan Toko mainan Hoya di Blok M... Masih ingat ga????

Dulu ibu saya berusaha seadil-adilnya terhadap saya dan adik saya Chiko kalau membelikan barang-barang Sanrio, namun tetap saja di mata kakak punya adik lebih indah, di mata adik punya kakak lebih indah. Tetap saja kami sering berebut sampai nangis !!! Dasar anak-anak !!!



Sekarang si Hello Kitty nampaknya makin keren saja. Penggemarnya termasuk Mariah Carey, Carmen Electra , Kimora Lee Simmons , Paris Hilton , Lindsay Louhan , Hilary Duff , Mary Kate Olsen . Sanrio telah membuka butik khusus bernama Momoberri di Beverly Center Mall, LA , USA dan Jepang. Butik ini menjual barang-barang Sanrio, kebanyakan Hello Kitty memang ditujukan untuk konsumsi orang dewasa. Butik ini menjual perhiasan dari Diamond asli, dengan enamel, sampai imitasi, Jam tangan kulit buaya dengan berlian, Tas design dari designer terkenal, misalnya clutch Hello Kitty dari Judith Leiber, Fragrance lengkap, HP, camcoder, ipod,dll., kaos sampai piyama yang girlie banget, Furniture dan aksesorisnya



I wish i had a daughter...



Sedih Banget ga sih... ???? Ga ada yang bisa didandanin lucu-lucu....



FIY :

Si kucing paling imut sedunia, Hello Kitty sudah berumur 48 tahun... gila kan !!!

Sanrio sendiri didirikan tahun 1960 oleh Mr Shintaro Tsuji di Tokyo , Jepang. Sanrio mendirikan toko di luar Jepang pertama kali tahun 1976 di Eastridge Mall in San Jose, CA. USA.

Jumat, Januari 11, 2008

20 ITEM I WISH SOMEONE WOULD BE SO KIND TO GIVE ME




    Tuhan dan para malaikatnya baca blog ga ya? Barangkali saja setelah baca blog aku Tuhan mau berbaik hati mengetuk pintu hati seseorang untuk memberikan barang-barang yang sudah sangat lama aku impikan... hehehe... Mimpi Kali Ye !!!!


    1.


    Hermes, in Medium Black Birkin Bag. Nampaknya saya harus mulai menabung, karena jika berharap dari warisan mommy, kayaknya bakalan masih lama, itu juga kalau kebagian... hehehehee.......


    2.


    Scarf Hermes in a Very Bright Orange. Saya pernah lihat di Duty Free di Dubai, gambar kuda berpelana, keren banget. Saya sudah ngebayangi, dikenakan ala Jacky O sebagai penutup kepala, dengan oversized sun glass... mmmpphhh... pasti keren abeeeezzzzzz.


    3.


    Precious Jewelery, Mainly Diamond. The bigger the better as investment, sekalian untuk diwariskan ke menantu. Btw. Aku ga punya anak perempuan, jadi harus berbaik-baik sama menantu ). Kata tante saya, sogokan paling ampuh untuk menantu adalah DIAMOND.... Catet !!!!!....


    4.


    Paket Melangsingkan Badan. Yang berani memberikan garansi bisa membuat saya sedikit " berbentuk ".


    5.


    Stuart Weizman Gold Strappy High Heels. Untuk ganti Donna Karan Gold Strappy Heels saya yang sudah layak dimuseumkan.


    6.


    Oversized Chanel Sun Glasses in Black. Setiap mau beli belum ada yang benar-benar cocok.


    7.


    Oversized Prada Tote Bag. Yang bisa muat semuanya, bisa juga berfungsi layaknya kantong Dora Emon. Maklum mom with 3 boys... Maunya sih kalau bisa warna beige...


    8.


    Koper Baru ( pengennya sih Guess ). Untuk ganti koper Gucci aku yang rusak gara-gara keseringan dibanting-banting sama petugas Bandara Sukarno Hatta. Percuma naik Biz Class, koper tetap saja diperlakukan dengan kasar. Ga dibedaiin... Huhhhhh sebal !!!.


    9.


    Clutch Bag Sabatha Razuardi. Yang eksotis skin bikin aku ngiler sampai ke bawa mimpi berhari-hari... Tapi kok mahal be'eng yah !!!


    10.


    Baby Doll Dress Part One by Edward Hutabarat. Mauuuuuuu...... Tapi ada ga yang ukuran aku yah ??? kayaknya harus pesen khusus sama bang Edo... Tapi aku yakin seyakinnya nanti pasti dia bilang begini sama aku..." makanya diet dong Non..." Malu dah.... !!! Abg... How r u ????


    11.


    Planner Hijau Alpukat. Sampai sekarang belum nemu !!! Hijau seperti isi alpukat adalah warna favorit saya, dan warna paling langka untuk segala macam barang....


    12.


    Oversized Prada Wallet in Red. Selain uang bisa muat buku tabungan, pasport, tempat foto, sama banyak ruangnya... cocok sekali untuk traveller sejati. Aku sudah lihat-lihat waktu terakhir ke Sing, tapi kok sama harganya sama sebuah tas... Aduh... aduh....


    13.


    Sport Bra Mark & Spencer Terbaru. Belum ada di Jakarta, tapi aku belum sempat ke Sing lagi !!!


    14.


    Sepasang Classic Rolex. Biar bisa kembaran sama mantan pacar. Tapi sudah pantas ga ya??? Tar malah dikira palsu lagi !!!


    15.


    Loose Dress Ghea P in Purple. Kemarin lihat di butik tapi tidak berani coba karena lagi period... he..he..he... Tapi nampaknya bisa menimbulkan efek melangsingkan bagi orang-orang yang sedikit obesitas kayak saya !!!


    16.


    Nike 707 in Silver. Busyeettt dah.. keren bauanget..nget...nget.... Tapi kata mantan pacar saya, not worthy untuk orang yang pemalas berolah-raga seperti saya. Jahat ya dia... Udah ga beliin nyela lagi !!!


    17.


    Sony VAIO TZ in Silky White as my own laptop.... Biar ga minjem lagi sama mantan pacar....


    18.


    Sony Digital Camcoder. Untuk ngerekam anak saya yang lagi lucu-lucunya, little Matteo....


    19.


    Swim Suit Speedo Terbaru. Must be in Black.... of course... Warna yang lain udah ga Pe de....


    20.


    SK II Full Range Package. Setelah 35 agaknya saya sudah mulai sadar untuk memberikan yang terbaik untuk kulit muka saya. Emang sih ga ada yang salah sama kulit muka saya... tapi saya ingin sekali memperlambat proses penuaan... heheheee....


    Ok Girls... Wanna share what you dream of ??? Just post in Comment !! Share with us...





    Cheers...





    Amy...

    Kamis, Januari 10, 2008

    RUGIKAH BELI BARANG MAHAL?????
























    REVIEW ARTIKEL COSMOPOLITAN INDONESIA JANUARY 2008



    DANA EKSTRA AKSI CASUAL



    Dalam artikel ini membahas betapa mahalnya harga tampilan penampilan beaten up ala gliterati, yang bahkan hitung punya hitung sudah jauh lebih mahal dari pada penampilan ala catwalk designer A Class...


    Kalau saya pribadi justru tidak keberatan membeli dengan harga mahal untuk produk-produk yang long lasting atau bahkan everlasting in a very good condition untuk jangka waktu yang lama. Item-item tersebut adalah :



    • Black Hermes Birkin/ Kelly Bag. Harganya sangat fantastis dalam rupiah, tapi coba kalkulasi saja. Jika dalam setahun kita bisa beli 12 tas Guess ( yes, i am a freak of Guess ) sama nilainya dengan empat tas Gucci ( of course harga di Milano ), sama harganya dengan tas Hermes di Paris... Coba bayangkan... tas Guess dan tas Gucci dalam hitungan bulan langsung out of season, tapi tidak dengan tas legendaris itu... Sangat awet, terjamin kualitas dan perawatnnya. Bisa diwariskan untuk anak dan cucu in prime condition....Cocok untuk segala kesempatan, keren untuk shopping di Orchard, belanja bulanan di Hero, gala dinner di Four Season , dll...

    • Jeans, ( Dior, Armani, Versace, dll. ). Jeans akan saya pakai dalam waktu yang lama dan cuci kering, untuk itu harus kualitas sempurna. Saya punya my first Armani Jeans yang sudah berusia 20 tahun dalam kondisi yang sangat bagus, malah makin belel makin keren setelah ribuan kali dicuci si Eti pembantu ibu saya selama 25 tahun ini. Sekarang kesayangan saya dalah My Dior Jeans, sangat trendy dan feminin and of course kuat banget. Saya dah memakainya dari lunch di 5 star Hotel sampai masuk ke sawah di Meulaboh... Nah bingung kan ???. Dari Sabang sampai Merauke orang sudah memuji Jeans ini keren Abezz.....

    • Polo Shirt Burberry, di mata saya keren banget. Memakainya berasa aristokrat Inggris yang lagi minum kopi di Istana Sandringham, UK... Hehehee... ketinggian tuh khayalannya....Awet meskipun cuci kering. Cocok dipakai dengan Jeans segala merek segala model, bermuda, khakis bahkan celana Cargo favorit saya....



    • White Shirt Armani, Kemeja putih terbaik di dunia untuk perempuan adalah Armani... Kata Ibu saya yang juga maniak kemeja putih... Yup...100 % right...Mengingatkan saya akan Carolina Herera yang selalu pakai White Shirt dengan kerah di naikkan ke atas... Dengan padanan apapun pasti keren, A line Skirt, Pencil Skirt, Jeans. Dan hebatnya lagi, tanpa aksesoris apapun kemeja Armani tetap keren... No wonder harganya bisa nyaris 1000 euro !!!!



    • Little Black Dress, Favorit saya !!! ga pernah salah untuk segala kesempatan. Tinggal aksesorisnya saja dibedakan. Pashmina atau syal cashmere untuk pergi nonton, Choker besar untuk dugem, tote bag untuk ke mall... Favorit saya adalah Moschino, tapi setelah krismon ga mampu lagi beli !!! Kasihan bener ya saya...



    • Tas Ransel, saya adalah traveller sejati, jadi punya ransel adalah kewajiban. Ransel saya harus keren, baik untuk ala pendaki gunung ( dari Eddie Bauer atau Timber Land... amit-amit mahalnya sekarang ) atau ransel yang gaya ( Prada / Moschino ) untuk jalan-jalan di capital of fashion... ( biar ga dikira backpackers atau turis gembel... )...Dulu ransel kesayangan saya warna Gold yang sangat Jrenkkkkk dari Moschino... banyak banget yang bilang norak, tapi banyak banget yang bilang cool abizzzz... tapi saya cinta banget karena ada dompet dan kacanya loh..., dan setelah 10 tahun tas itu jebol...


    Saya rasa pasti banyak yang setuju dengan saya yah... ga ada salahnya kita beli barang mahal asal nilainya sepadan. Jujur saya lebih rela beli jeans yang mahal tapi sesuai kriteria saya daripada beli tas yang hanya semusim tapi terhitung mahal juga !!!


    Memangnya salah jika Street Wear itu mahal ??? Ga juga kan !!! Pasti banyak yang setuju setelah baca artikel ini !!! dan banyak dong yang sepaham dengan saya !!!


    Maka... belanjalah dengan smart mulai sekarang...


    Cheers


    Amy

    Rabu, Januari 09, 2008

    TIPS MEMBUKA BUTIK III

















    LOGO



    Buat logo dengan gambar , warna dan jenis huruf yang spesial dan menarik mata... Setelah buat logo, segera patenkan logo tersebut sebelum sempat dibajak orang.


    BRAND PRINT



    Salah satu element yang nampaknya sepele namun berperan dalam promosi adalah brandprint ( barang-barang cetakan ):



    1. Shopping Bag
    2. Kartu Nama
    3. Leaflet/ Pamflet
    4. Spanduk
    5. Price Tag
    6. Kertas Kado
    7. Pita
    8. Box
    9. Sticker


    Pastikan Logo, nama dan alamat tercetak dengan jelas di brand print. Brand Print sebaiknya dicetak sangat menarik sesuai dengan konsep butik kita dan sebaiknya dengan kualitas yang prima dan tidak mudah rusak, terutama untuk shopping bag. Shopping Bag yang bisa dipakai beberapa kali bisa dipakai sebagai alat promosi berjalan.



    Harga Barang



    Setelah buying trip, yang harus dipikirkan adalah harga jual barang, karena kita harus untung kan.... Elemen yang harus ditambahkan dari harga dasar barang adalah sbb. :



    Ilustrasi



    Harga modal barang : Rp 1.000.000,-


    Total Belanja Barang 1 trip : Rp. 100.000.000,-


    Jumlah Barang 1 trip : 100 pcs

    • Biaya Buying Trips, biaya buying trips dibagi jumlah barang, Rp 30.000.000 : 100 pcs = Rp. 300.000,-/pcs (1)
    • Biaya sewa tempat dan operasional toko ( termasuk biaya pegawai dan thr nya ) selama setahun dibagi jumlah barang dijual selama setahun, Rp. 60.000.000 : 1500/pcs = Rp. 40.000/pcs (2)
    • Toleransi Kehilangan 10 % dari belanja barang satu trip dibagi jumlah barang , Rp. 100.000/ pcs.(3)
    • Toleransi Barang Mati 10 % dari belanja barang satu trip dibagi jumlah barang, Rp. 100.000/pcs (4)
    • Biaya Promosi 10 % dari belanja barang satu trip dibagi jumlah barang, Rp. 100.000/ pcs ( 5 )
    • Profit 15 % ( misalnya ) dari belanja barang satu trip dibagi jumlah barang, Rp. 150.000/pcs ( 6 )

    Total harga jual = Harga Modal barang + [1+2+3+4+5+6]


    Rp. 1.790.000 = Rp. 1.000.000,- + Rp. 790.000,-


    Credit Card



    Menerima pembayaran credit card dan debet card adalah keharusan. Untuk itu kita harus menyediakan mesin otorisasi. Tidak semua bank menyediakan mesin tersebut, hanya beberapa bank yang sudah ditunjuk oleh pemilik perusahaan kartu kredit. Biasanya ada persyaratan yang diminta oleh bank tersebut :

    1. Fotocopy rekening koran 6 bulan terakhir
    2. 1 Line telp bebas khusus untuk mesin
    3. Fotocopy surat izin usaha


    Jangan lupa latih pegawai-pegawai anda untuk jeli terhadap kartu kredit palsu, karena semua resiko ada sama kita, pemilik toko. Salah-salah kita deh yang kebobolan... hehehe....


    Grand Opening


    Bagian ini yang saya paling suka... Biasanya Grand Opening lebih heboh dari pesta biasa. Pastikan acara grand opening butik anda heboh banget dan diliput di berbagai media. Yang harus dipersiapkan untuk grand opening adalah sbb. :



    • Buat acara dengan tema yang sesuai dengan konsep butik.
    • Buat undangan secantik mungkin yang multi fungsi, sehingga tidak langsung terbuang dan penerimanya merasa sayang untuk membuangnya.
    • cetak souvenir yang sangat cantik dan berguna.
    • Undang media cetak dan elektronik sebanyak mungkin.
    • Sebarkan leaflet, pamflet dan spanduk sebanyak mungkin.
    • Beri diskon yang sangat menarik di hari grand opening.
    • Buat acara yang asyik dan penonton betah sampai acara selesai.
    • Buat dekorasi yang sesuai tema namun tidak menghalangi display barang.
    • Sediakan snack ringan yang enak dan minuman ringan, namun pastikan tidak akan mengotori butik dan displaynya.
    Voila... Inilah butik impian kita....

    Mengelola butik itu fun banget... I swear......

    Kalau sukses jangan lupa saya yah.....

    Selasa, Januari 08, 2008

    TIPS MEMBUKA BUTIK II



















    LEGALITAS

    Setelah konsep dan planning bakal butik beres, yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dulu adalah urusan legalitas usaha butik kita. Saya bukan ahli di bidang ini, tapi saya tahu yang harus duluan diselesaikan adalah







    1. Badan usaha butik


    2. SIUP


    3. NPWP


    4. TDP


    5. Izin dari propinsi ( setiap propinsi bisa berbeda kebijakan )





    Jika kita tidak paham, sebaiknya serahkan saja sama biro jasa atau notaris. Mereka pasti siap membantu dan biayanya tidak terlalu mahal. Dan karena mereka memang ahlinya, jadi tidak terlalu lama prosesnya.


    Jika kita memproduksi barang dengan merek sendiri, saran saya segera patent kan merek tersebut sebelum ngetop di Departement Kehakiman, sebelum ada orang lain yang lebih dulu mematenkan merek kita. Dan untuk jangka panjang segera buka website atau paling tidak beli domain nama merek kita sebelum keduluan orang lain. Beberapa kali kejadian pada merek-merek ternama ( yang saya tidak dapat sebutkan ) domain namanya sudah keburuan didaftarkan orang lain dan pemilik merek yang sah justru diperas, domain itu dijual lagi dengan harga yang mencekik leher... sakit hati banget ga sih ???





    BUYING TRIP







    Memutuskan menjual barang-barang import apalagi high end branded tidak semudah yang dibayangkan orang. Buying Tips ke luar negeri bukanlah hal yang menyenangkan seperti yang dibayangkan orang. Sangat melelahkan dan ada resikonya juga...apalagi jika yang dibeli barang-barang high end branded yang harganya tidak murah. Survey sebelum berangkat adalah keharusan yang tidak dapat ditawar.


    Pastikan juga kita membawa modal yang sangat berharga, bukan uang dollar, tetapi sepasang mata yang komersil yang dapat melihat potensi barang. Tidak semua barang yang menurut kita bagus saleable loh.... Setelah profesional, sering saya beli barang yang justru saya tidak suka, tapi saya yakin banyak orang yang suka... Kalau kita menuruti kata hati membeli semua yang kita suka, maka semua akan berakhir di lemari kita sendiri... Hehehehee....





    Untuk buying trip, diperlukan perhitungan biaya yang sangat cermat, karena salah perhitungan dapat berakibat fatal dan membuat harga dagangan kita tidak kompetitif.

    Komponen biaya yang harus diperhitungkan secara cermat:



    1. Tiket
    2. Dokumen perjalanan: visa, fiskal, airport tax
    3. Hotel
    4. Ekspedisi
    5. Overweight excess bagage
    6. Akomodasi, transportasi, makan, jajan, tip, dll..
    7. Bea Cukai
    8. Peraturan Imigrasi negara tujuan, mis: peraturan membawa jumlah uang tunai

    Sebelum berangkat, pastikan barang barang belanjaan akan kita bawa sendiri ( hand carry ) atau menggunakan jasa ekspedisi. Semuanya ada keuntungan dan kelebihan masing-masing, tergantung kebutuhan kita.




    Alert : Selama buying Trip, Pastikan kita dalam kondisi yang fit dan siapkan fisik sebaik-baiknya, karena di luar negeri tidak ada porter yang bisa diharapkan untuk bantu kita angkat-angkat barang ( kecuali di Cina ). Jadi konsumsi vitamin c yang cukup supaya tidak gampang sakit ( mengingat biaya berobat di luar negeri apalagi jika tidak punya asuransi sangat mahal ) dan vitamin b kompleks biar tidak cepat lelah...




    Jasa Ekspedisi







    Lebih praktis dan membuat kita tidak terlalu repot pada saat perjalanan pulang. Kebanyakan jasa ekspedisi sudah termasuk sampai barang di tempat kita, ada juga yang diambil di kantor mereka di tempat tujuan. Hanya saja permasalahan yang sering ada adalah jika pelabuhan di Indonesia lagi " red light " ( biasanya menjelang hari raya / lagi ada kebijakan ekspor-impor yang baru ), biasanya barang jadi terlambat keluar dari pelabuhan dan bukan rahasia umum lagi jika ada biaya " tambahan lainnya ".



    Namun saran saya, jika barang-barang kita adalah barang yang pergantian modelnya sangat cepat, sebaiknya tidak menggunakan jasa ekspedisi, karena bisa saja ada keterlambatan barang itu keluar dari pelabuhan, sehingga ketika barang sampai, tidak model lagi deh, trus kita mengalami kesulitan dalam menjualnya...




    Alert : Jika barang kita barang yang high end brand, jangan menggunakan ekspedisi, karen pelabuhan di Indonesia masih banyak tikusnya, dan biasanya asuransi pun tidak mau mencover barang-barang jenis ini jika menggunakan ekspedisi.




    Hand Carry







    Berdasarkan pengalaman, usahakan biaya buying tips tidak lebih dari 30 % dari nilai barang belanjaan kita, misalnya jika nilai barang belanjaan 100 juta, biaya perjalanan tidak boleh lebih dari 30 juta. Buying Trips terutama jika kita hand carry itu artinya identik dengan overweight, dan artinya kita berurusan dengan bea cukai bandara. Bea Cukai bandara di Indonesia identik dengan biaya "rokok" ( walaupun biaya itu kadang jumlahnya bisa beli rokok se gudang... hehehe ).



    Sebelum pergi ada baiknya kita tahu batas overweight, biaya overweight / kg serta ukuran bagasi yang diizinkan dari maskapai penerbangan yang kita gunakan. Beda maskapai beda kebijakan. Biasanya overweight dibeberapa negara dibayar dengan uang tunai, jadi jangan lupa sediakan uang tunai yang cukup.




    BEA CUKAI INDONESIA







    Membicarakan Bea Cukai Indonesia berarti mebahas pegawainya, bukan institusinya. Membicarakan pegawainya berarti membahas mental pegawai negeri di Indonesia di mana semuanya mungkin.... Menurut saya, sebagai pemilik butik di Indonesia, memiliki koneksi di Bea Cukai adalah hukum yang wajib. Di Bandara Sukarno Hatta sering nampak jelas sering ada ketidak adilan, orang bawa 10 koper cengengesan sama petugas bea cukai melenggang begitu aja dengan santai nya keluar pintu bandara, sementara kita bawa dua koper saja bisa diacak-acak... plus ditanyain sejuta pertanyaan bak tahanan perang....



    Alert : Setelah sosialista, petugas bea cukai bandara Sukarno - Hatta adalah orang yang sangat tahu merek-merek high end... Dan mereka lebih jeli dan lebih pintar dari kita melihat mana barang asli, mana barang palsu... Jadi hati-hati aja sama mereka, bawa barang asli kena getok, bawa barang palsu kena palak ....huahahahhahahaaa......







    Bukan ngajarin yang ga bener... tapi sebaiknya sediakan uang tunai yang cukup untuk uang rokok para bapak-bapak petugas bea cukai Bandara, karena pada intinya yang penting kita tidak diresehin kan.... hehehhe.... Ampun Pak... Ampun....








    to be continued part 2








    Biar penasaran...... hehehhee.....

    Senin, Januari 07, 2008

    TIPS MEMBUKA BUTIK I




    Saya melihat selama tiga tahun terakhir ini banyak sekali usaha butik dengan segala macam target market. Namun sering sekali saya melihat butik yang target market nya tidak fokus, semua barang dijual dan lebih parahnya lagi, barang eksklusif dicampur barang murmer, dekorasi yang asal-asalan, dan sering tidak cocok dengan lokasi dan target marketnya. Sayangkan....karena membuka butik itu membutuhkan modal yang tidak sedikit......


    Tips Membuka Butik


    Target Market, yang paling penting, karena dari ini semua kita menentukan:


    1. Lokasi

    2. Jenis barang yang akan dijual

    3. Dekorasi

    4. Promosi

    5. Pegawai

    Kesalahan yang paling sering dilakukan butik-butik di Indonesia karena segmentasi pelanggan yang tidak jelas. Barang untuk perempuan dicampur dengan barang bayi, baju anak-anak dicampur jualan lingerie... alamakkkkkkk benar-benar gemas saya melihatnya... Idealnya jika segmentasi pasar jelas, sebuah butik dapat menjadi acuan para pelanggannya, misalnya untuk baju anak-anak datang saja ke butik 123 atau untuk tas-tas bermerek datang saja ke butik abc... Target market dapat ditentukan dari :



    1. Gender: Laki-laki / Perempuan / anak-anak / bayi...

    2. Sosial ekonomi pelanggan: Very high society, upper class atau urban class

    3. Umur target market

    Lokasi...Lokasi...Lokasi...


    Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh lokasi usaha tersebut. Setelah menentukan target baru memilih lokasi di mana target berkumpul. Misalnya, jika kita menjual barang untuk ABG lokasi terbaiknya adalah didekat sekolah favorit, bukan di Senci atau di Kemang. Jika target kita very high society, tempat yang pas adalah tempat yang sekelas Senci, bukan di ITC Cempaka Mas...


    Jika kita memilih di sebuah Mall, pastikan tempatnya dekat atau terlihat dari pusat orang keluar-masuk atau eskalator... Memang posisi yang terbaik berharga lebih mahal, namun lebih prospektif....


    Jika di perumahan atau di Kemang, idealnya harus dipinggir jalan raya, billboard yang sangat terang dan jelas dan harus terlihat dari jarak pandang orang yang mengendarai atau berada di dalam mobil. Lebih baik lagi jika suasana dalam butik yang terang benderang dan terlihat ada aktifitas dari jalan raya pasti menggoda orang untuk mampir begitu dia ada waktu.....


    Jenis Barang Yang Akan Dijual


    Supply = Demand??? Idealnya kita harus research kecil-kecilan...Jangan pernah menjual barang yang demand nya tidak jelas... Setelah demand jelas, pastikan supply nya ada dapat diperoleh di mana dan sumber barang tersebut dapat menjamin pasokan secara kontinyu.... Kalau tidak kontinyu, barang di butik habis kita bisa kebingungan sendiri, apalagi kalau sumber barang itu di luar negeri yang untuk jalan ke sananya diperlukan prosedur berbelit... Pastikan sumber barang memberikan harga yang terbaik dalam arti harga paling murah mutu terjamin... karena prinsip dagang yang usianya ribuan tahun adalah beli semurah-murahnya, jual semahal-mahalnya.... Jangan lupa rajin mengecek kompetitor atau bakal kompetitor... supaya kita tidak terlihat konyol jika jual kemahalan...


    Jika kita memutuskan untuk berproduksi sendiri, pastikan produksi dan ongkos produksinya stabil, tidak berlebihan dan berkala, jadi kita sudah memikirkan untuk memiliki stok material-material yang dibutuhkan sewaktu-waktu jika tiba-tiba harus meningkatkan produksi atau jika ada pesanan dalam jumlah lebih dari biasanya. Produksi sendiri memang jauh lebih ruwet karena harus memikirkan penjahit, pengrajin, dan pekerjaan-pekerjaan detil lainnya...Namun ada kepuasan yang tidak dapat digambarkan.....


    Dekorasi


    Dekorasi sangat berperan untuk memancing orang masuk ke dalam butik dan dekorasi yang impresif bisa membuat orang betah berlama-lama duduk dan memancing orang untuk membeli. Saya pernah masuk ke sebuah butik di Cina yang dekorasinya seperti rumah Barbie... girlie in pink... sangat nyaman sekali... butik yang barang-barangnya sangat girlie ini membuat saya yang tidak terlalu girlie membeli beberapa potong koleksinya yang tidak murah untuk ukuran barang-barang cina....


    Pencahayaan adalah faktor terpenting dalam dekorasi butik. Pencahayaan yang kuat dapat memperindah warna-warna barang yang di pajang. Pernah tidak kita merasa baju yang kita beli di butik terlihat lebih indah di butik daripada waktu kita pakai di rumah ???? pasti sering kan??? ini semua karena ilusi cahaya lampu sorot berkekuatan tinggi yang membuatnya terlihat lebih indah !!!!!!


    Dekorasi dan display butik harus disesuaikan dengan target market dan tema apa yang mau kita sampaikan dan harus sangat eye catching... Jika kita meragukan kemampuan kita sendiri jangan ragu untuk menyewa jasa profesional, daripada membuat orang yang lihat jadi malas masuk ke dalam butik kita... Percaya deh.. ga ada ruginya memakai jasa profesional...


    Saya pernah menegur sales assistant butik Zainal Songket waktu dia memajang manequin dengan kebaya biru berbenang dan berpayet silver yang sebenarnya sangat indah dengan songket Palembang merah berbenang emas yang sangat mewah... benar-benar asli tulalit abezzzzzzz... padahal di butik itu banyak sekali songket yang jauh lebih cocok untuk kebaya biru tadi.... Musti di training dulu sales assistant itu....


    Display harus diganti secara berkala supaya yang melihatnya tidak bosan dan jadi kepingin masuk untuk melihat apakah ada yang baru di dalam...


    Promosi


    Promosi memang membutuhkan budget, namun budget yang besar belum tentu efektif jika tidak dapat menjangkau target market kita, yang ada malah membuat harga barang kita jadi semakin mahal dan tidak kompetitif... Menurut saya, promosi yang terbaik dan paling murah adalah pertemanan kita...Jadi jangan malas datang arisan, pertemuan organisasi wanita karena disanalah waktu yang tepat untuk menjaring prospek... Meminjamkan baju untuk sesi pemotretan atau shooting sinetron atau infotainment juga sangat efektif dan tidak memakan biaya besar.


    Mengikuti pameran dan bazaar juga sangat ampuh namun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit malah kadang tidak langsung seketika berdampak pada butik kita. Iklan di majalah atau surat kabar juga sangat efektif, namun berbiaya besar, sehingga perhitungannya harus cermat dan matang.


    Pegawai


    Bab ini yang sering bikin kita, pemilik butik uring-uringan... Jika butik kecil kadang kita bisa meminta bantuan anggota keluarga, saudara atau teman untuk menjaga jika kita berhalangan, namun kalau sudah semakin besar kita harus menggaji pegawai...


    Pastikan kita tahu asal usul pegawai tersebut, sehingga jika terjadi suatu masalah kita tahu kemana harus mencari dan menuntutnya. Pastikan pegawai yang ramah dan penuh inisiatif, tersebut sudah di training etiket dan pengetahuan mode dan trend. Saya sering ke butik yang sangat mewah namun pegawainya guooobloookkkk nya ga ketulungan, saya jadi spannenggg dibuatnya... mau happy jadi dongkol...langsung balik badan deh saya...Sering juga saya menemui sales assistant yang pasif dan tidak ada inisiatif....


    Saya sadar sepenuhnya... mencari pegawai itu seperti mencari jodoh. Kadang kita sudah cocok, dia sudah pintar...dan langganan sudah cocok sama dia juga.. eh dirampok sama kompetitor kita... dongkol banget rasanya....


    Jika memungkinkan sebaiknya ada pegawai yang khusus ngurusin stock barang dan dan keuangan...Pastikan orang yang jujur....Kalau gak ntar kita sakit kepala sendiri dibuat mereka !!!


    Kita juga harus membuat mekanisme untuk meminimalisir kecurian. Pengalaman saya justru lebih sering kecurian oleh pegawai daripada pengunjung !!! Pencurian memang tidak dapat dicegah, namun saya percaya dapat diminimalisir dengan pengawasan ketat dan berkala!!!!


    Ok... deh... to be continued part 2... hehehehe...

    salam bsm

    amy

    Sabtu, Januari 05, 2008

    MASAKAN ACEH



    Waktu mau berangkat ke Banda aceh yang saya bayangkan kelezatan makanannya... Tapi sayangnya, pengetahuan saya tentang makanan aceh sangat minim. Yang saya tahu hanyalah mie goreng , mie kuah aceh,martabak aceh dan rujak aceh yang enak banget itu... Tapi ternyata makanan orang aceh itu benar-benar luar biasa loh.... sangat eksotis dan mengguggah selera. Makanan aceh memang penuh kontroversi, mungkin karena daun ganja yang dimasukkan ke dalam makanan mereka sebagai penambah nafsu makan dan pelezat rasa. Saya memang beberapa kali makan sambal yang dimasukkan daun ganja dan kepala ikan kakap yang dimasukkan dau ganja, memang menambah nafsu makan... Tidak terasa makan jadi banyak sekali.... heheheh....


    Saya dibawa ke restaurant Cut Dek di Banda Aceh, ada yang di dalam ruangan dan ada yang lesehan di balai-balai...lebih enak karena terkena semilir angin. Di sana mata saya terbuka, betapa beragamnya masakan aceh.....


    Penyajiannya mirip sekali dengan cara restaurant Padang, apa yang di makan,itu yang di bayar,tapi semua disajikan...Menunya... Yang paling favorit dan khas dari restaurant adalah Ayam Tangkap nya...Ayam goreng yang sangat kering yang digoreng kering bersama cabe ijo india dan daun-daun bumbu; daun jeruk,daun temuruy, sehingga daunnya bisa dimakan... krekessss....krekes.... yummy.... yummy...Karena sangat kering, ayam tangkap tahan beberapa hari, sehingga orang-orang banyak datang ke restaurant ini untuk membelinya sebagai oleh-oleh khas aceh dalam box khusus...


    Gulai Kari Aceh yang encer, agak asam sedikit dan potongan dagingnya agak besar dan sedikit berlemak... ada Asam Udang, campuran cacahan udang yang diberi asam, rawit dan bawang merah... rasanya asam , segar dan yang jelas enak sekali !!!! Gulai kepala ikan kakap favorit saya.....Sambal cabai ijonya yang pedas sekali tapi seger....Kari bebek nya luar biasa uenakkkkk, ada juga Pelileu yang sekilas mirip gudeg, tapi mirip juga urap... Nah loh... bingung kan.... tapi isinya sayur-sayuran daun ubi,kacang panjang dimasak dengan santan tapi lama kelamaan jadi kering seperti gudeg.... mmmmmphhh... enak...


    Kata teman saya, secara tradisional, masakan aceh dimakan dengan cara nasi beserta seluruh lauknya diaduk dengan tangan semua dalam satu piring, mirip rames kali ya... dimakan dengan tangan di atas piring dari tampah atau kayu... menurut mereka sih lebih enak dengan cara begitu.....


    Masakan aceh ini sangat cocok diminum dengan jus timun sebagai balancing kolesterol dan penyegar mulut... hehehhehe...


    Di Hotel saya sempat makan bubur ayam khas aceh yang ada udangnya .../ Kanji rumbi... sangat spicy...bumbunya adas, ketumbar, peka, jahe, pala, merica.... mmmppphhh.... enak.... asli enak...


    Saya juga sempat membeli kue-kue tradisional aceh... dari pulut panggang, ketan putih yang manis dipanggang, kue jala, kue timphan, kue binka... semuanya sangat menggugah selera...


    Saya senang sekali jalan-jalan ke Banda Aceh, yang di mata saya sangat eksotis....Kalau jalan-jalan ke Banda Aceh jangan lupa menikmati masakannya yah.....

    Jumat, Januari 04, 2008

    BANDA ACEH




    Semakin jauh kaki melangkah, semakin saya cinta Indonesia......



    Hi Guys....




    Saya baru saja pulang dari Banda Aceh ( atas undangan Mercy Corps Banda Aceh ).... Kunjungan ini terasa sangat singkat sekali, sehingga saya tidak sempat berjalan-jalan ke banyak tempat dan tidak sempat berbagi cerita di blog ini sewaktu saya di sana, berhubung saya teramat lelah...




    Banda aceh ternyata tidak yang seseram saya bayangkan sebelumnya... Kotanya lumayan besar dan sangat ramai ( kata orang sih lebih ramai dari sebelum tsunami ), namun teramat sayang panas karena jarang ada pepohonan rindang. Harap maklum, karena pohon-pohon tua beserta akarnya sudah tercabut air tsunami yang berkecepatan 800km/jam. Dan teman saya sempat komentar ketika saya ceritakan akan pergi ke Banda Aceh..."Gila... lu ga takut??? Liat hantu satu aja gue takut... apalagi liat hantu 150 000 orang??? " Temen saya ini emang kalau becanda keterlaluan... Tapi faktanya saya tidak ketemu satupun hantu di Hotel Oasis yang sangat nyaman itu... Dan kenyataannya Banda Aceh itu indah sekali...




    Bandara Udara Sultan Iskandar Muda terletak 18 km dari pusat kota dan pemandangan yang terlihat sebagian besar adalah sawah yang terhampar, sekali-sekali terlihat orang naik motor membawa hasil tankapan laut. Saya sempat melihat orang membawa ikan hiu sepanjang 1,5 m di sepeda motornya... Bukan menghina!!! Jangan terlalu berharap akan mendarat bandara yang nyaman... karena Bandaranya sangat jauh dari sederhana.... Kasihan juga... rasanya sudah tidak layak, dan mestinya kita malu, karena panjang landasannya sudah memungkinkan pesawat berbadan besar masuk, banyak sekali orang asing kunjungan ke Banda Aceh, namun bandaranya sangat mengenaskan... apalagi wc nya... saya yang sempat terkencing-kencing, jadi kehilangan rasa mau pipis!!! Mudah-mudahan blog ini dibaca para petinggi di Aceh!!!




    Saya hanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk berjalan-jalan, untung ada teman yang sempat mengajak berkeliling....




    Pantai Lok Nga, sekitar 25 menit dari pusat kota, pantainya berpasir putih dan sangat indah dan di hari libur sangat ramai orang berenang... but no bikinis of course or even swim suit !!!!! Banyak rumah makan atau warung yang tepatnya... yang menjual aneka ikan bakar....




    Pantai Ulee Lheue.... Tidak jauh dari kota, sekitar 15 menit... Indah sekali. Kita bisa melihat dengan jelas pergeseran pantai ke daratan... banyak tambak udang yang sekarang sudah rusak berat dan malah air laut masuk ke dalam tambak, sehingga tambak itu sekarang menjadi satu dengan lautan...




    Di pinggir pantai banyak puing-puing rumah yang hancur karena tsunami.. menyedihkan sekali.... dan tak jauh dari sana ada kapal PLTD PLN yang " Nyangsang " masuk ke perumahan penduduk dan menimpa belasan rumah penduduk beserta pohon-pohon kelapa di sekitarnya... konon kabarnya banyak sekali orang terkubur hidup-hidup di dalamya... Hih.... seram yah..... Dan samapai sekarang tidak ada yang sanggup baik dana maupun tehnik untuk memindahkan kapal tersebut kembali ke laut.... Padahal... katanya mesin-mesin di dalam kapal itu masih berfungsi dengan baik....




    Tak jauh dari kapal nyangsang... saya melihat perumahan POLRI yang baru dibangun tak jauh dari bibir pantai... Tidak usah heran kenapa begitu banyak polisi baik perwira atau bintara yang jadi korban ( cerita orang di sana 3000 orang tidak termasuk keluarganya )... Perumahan itu sangat dekat dengan pantai... pasti mereka sama sekali tidak ada kesempatan untuk melarikan diri....




    Di perjalanan, saya melihat banyak sekali orang yang mengerumuni alat berat yang sedang menguruk tanah.... ternyata terlihat banyak sekali robekan-robekan baju yang masih dapat dilihat bekas darahnya....Supir yang mengantar saya menawarkan untuk melihat apa yang terjadi... tapi saya takut sekali... apalagi waktu penduduk berkata banyak sekali diketemukan tengkorak di sana... No Way..... Bisa sebulan ga bisa tidur ga bisa makan....




    Mesjid Baiturrahman, Landmark kota Banda Aceh... cantik sekali walau tidak sebesar yang saya bayangkan... namun saya langsung ingat film dokumenter tsunami metro tv... Kata supir yang membawa saya, tinggi air tsunami setinggi tiang listrik di depan mesjid itu.... waduh.... seram banget.... God is Almighty.... waktu tsunami walaupun rumah-rumah hancur, tapi banyak sekali mesjid yang tetap tegap berdiri....




    Cerita Teman Saya Cut....




    Waktu gempa pagi, Cut beserta keluarganya langsung lari ke luar rumah, saking kencangnya getaran, sampai berdiri tegap saja susah... duduk di tanah saja bisa bergeser sendiri... becak-becak motor pada bergeletakan di aspal... Tak lama kemudian muncul banyak sekali burung laut di langit yang nampak terbang ketakutan... Ayah Cut bilang... air pasti mau pasang... tapi tidak ada yang menyangka mau bencana yang luar biasa.... tidak lama kemudian orang teriak air-air... dan semua orang sibuk menyelamatkan diri dan saat itu berpikir lagi kiamat!!!!....




    Menurut Cut... air tsunami itu sangat hitam karena bercampur lumpur dan belerang, bau belerang dan panas sekali....Malah ada temannya yang terpaksa ke dokter karena tali bra nya ( plastik ) lengket dan meleleh ke kulit... saat itu tidak ada obat bius dan dokter terpaksa mencongkelnya tanpa obat bius... kebayang dong sakitnya.... HIIIIIIIIIIIII.........




    Tak lama setelah air surut, listrik semua mati tidak ada jaringan handphone sama sekali. Keluarga kakaknya Cut ( tinggal di Lok Nga ), suami, istri beserta 3 anaknya hilang tidak berbekas, yang diketemukan hanya mobil mereka yang sudah nyaris tidak berbentuk.....




    Lima hari setelah tsunami, Cut pulang ke rumah untuk bersih-bersih... rumah yang dua tingkat itu hanya hancur yang bagian bawah saja dan yang amazing di dalam rumahnya diketemukan mayat anak kecil 5 tahun yang seperti direbus hidup-hidup oleh panasnya air tsunami dan mayat seorang perempuan muda ( very amazing ) yang masih memakai mukenah masih dalam keadaan yang sangat baik ( sudah 5 hari meninggal!!! ) dan yang very-very amazing... believe it or not !!! sangat harum seperti bunga...padahal banyak sekali mayat perempuan yang telanjang...




    Setelah berkunjung ke Banda Aceh, saya jadi tersadar, alangkah kejamnya bila Tuhan marah.... kadang kita tidak sadar sedang ditegur atau memang tidak peduli akan tegurannya... tapi jika Tuhan sudah marah... kita manusia tidak ada daya sama sekali....