Sabtu, Desember 15, 2007

CHINESE WEDDING PARTY


Waktu kecil, diajak orang tua pergi ke pesta pernikahan orang cina adalah hal yang saya tunggu-tunggu. Berbeda dengan pergi ke pesta pernikahan orang pribumi yang datang, salam, makan, photo ( kalau kita pejabat atau tamu kehormatan), salam lalu pulang lagi.

Waktu kecil, di mata saya penganti cina cantik sekali seperti putri-putri di cerita silat. Mereka lebih sering mengenakan pengantin barat, walau sekarang tak jarang saya melihat sudah mengenakan pakaian tradisional mereka sendiri.

Pesta pernikahan cina selalu heboh, semuanya.... makanannya, acara dan hiburannya, dekorasinya, dll. Jadi semua tamu bisa benar-benar menikmati acaranya. Dalam pesta pernikahan cina, inti dari kebanggaan dari yang punya hajatan adalah makanannya. Semakin kaya dan terhormat sang pengundang, semakin banyak ragam dan mewah makanan yang disajikan.

Buat mereka yang harus makan makanan halal biasanya telah disediakan ruangan atau sudut tersendiri.

Pesta pernikahan cina termewah yang pernah saya hadiri adalah ketika keluarga Brasali menikahkan anak laki-lakinya di Jakarta. Bayangkan saja!!!! pestanya dihadiri lebih dari 5000 orang dan set menu makanan kalau tidak salah hitung 12 macam makanan disertai free flow wine and champagne. Untuk memberikan salam dibutuhkan ngantri hampir dua jam. Waktu acara dengan toss wine dengan pengantin, confetti nya luar biasa cantik.

Pesta pernikahan cina terheboh justru saya hadiri di Semarang ( Pernikahan Budiono dan Maria). Tamu-tamunya tidak cukup di satu gedung stadion olahraga, makanannya heboh dan artis ibukotanya super heboh... Untuk ukuran Semarang saat itu, pesta perkawinan dengan hiburan Krisdayanti dan Yuni Shara adalah suatu kemewahan yang luar biasa.

Pesta pernikahan terunik justru di Jambi. Kebanyakan pesta pernikahan cina diselenggarakan di kelenteng yang agak semi outdoor. Makanannya di masak sendiri oleh pengurus kelenteng dan enak sekali. Set menu makanannya bisa 10 s/d 12 macam. Minuman kaleng berbagai merek dihidangkan untuk bersama bir Guiness hitam import dan bir Tiger import sebagai pemanas suasana. Jangan heran jika terlihat ada beberapa yang mabuk walaupun tidak pernah sampai rusuh. Yang membuat suasana makin meriah adalah siapa saja boleh naik ke atas panggung untuk bernyanyi atau dance...., setelah itu akan dikasih angpao oleh pengundang atau saudaranya. Semakin oke nyanyinya, semakin hot dance nya, semakin banyak angpao nya.. Suasananya sangat spontan dan meriah sekali. Pesta yang dimulai pukul 7 baru berakhir jam sebelas malam, makanya jika mau menghadiri pesta-pesta seperti ini harus menyediakan waktu yang cukup panjang dan perut yang kosong.

Ambience pesta pernikahan cina sudah sangat internasional sekali dengan adanya MC bilingual, wedding singer, confetti, free flow wine and champagne, tapi hanya satu yang tidak berubah, tradisi makanannya yang mewah khas tidak tertandingi oleh etnis manapun.

Dalam budaya cina, setiap jenis makanan ada filosofinya tersendiri
  • Anak /Babi muda panggang, melambangkan keperawanan.

  • Ikan melambangkan banyaknya rezeki pengantin dikemudian hari.

  • Ayam/merak melambangkan harapan akan hidup sejahtera bagi pengantin

  • Lobster atau Udang yang dihidangkan bersama ayam/merak adalah lambang keseimbangan hormon yin dan yang bagi kesuburan dan rumah tangga pengantin.


SET MENU CHINESE WEDDING PARTY

(terakhir saya menghadiri pesta pernikahan cina)




  1. Sop sirip ikan hiu

  2. Cold Cuts Platter, terdiri dari telor pitan, udang rebus, ceker goreng manis, irisan lidah

  3. Tim ikan kerapu

  4. Siaw May udang

  5. Bebek presto dikecap

  6. Haisom dan tito dikukus

  7. Hio Pio putih ( perut ikan )

  8. Goh Yong babi

  9. Shabu-sabu

  10. Roti Mantao

  11. Kue Pengantin

  12. Es kelengkeng


Tips Menghadiri Pesta Pernikahan Cina


  1. Jangan takut berdandan maksimal, karena mereka juga dandanannya heboh.

  2. Angpao sebaiknya di dalam amplop merah untuk menghormati pengundang.

  3. Pergi dengan stamina yang cukup, karena acara sangat lama.

  4. Sediakan perut yang kosong.

  5. Makan setiap jenis makanan sedikit dan perlahan-lahan, simpan ruangan di perut karena makanan bisa sampai 12 macam.

  6. Jangan kebanyakan minum karena bisa cepat kekenyangan.

  7. Meskipun semua jenis minuman free flow, jangan sampai mabuk ya....

  8. Jika tidak makan babi segera beritahukan penerima tamu agar di antar ke ruang khusus dengan hidangan makanan halal. Sama enaknya......

1 komentar:

Deanna Ng mengatakan...

This photo is mine and has been used without permission. Please take it down immediately.