Jumat, Februari 15, 2008

FAQ JALAN-JALAN DI GUANGZHOU, CHINA



Visa China

Persyaratan:
Paspor ( masa berlaku diatas 6 bulan )
Pas foto berwarna 2 lbr 4x6
Untuk reguler 5 hari kerja
*dimohon untuk menyiapkan fotocopy paspor untuk berjaga-jaga seandainya paspor anda hilang selama dalam perjalanan *

Iklim

Biasanya bulan Mei memasuki musim panas, namun biasanya masih sejuk. Departemen cuaca di China sudah meramalkan GZ masih akan tetap dingin sampai akhir april. Jadi disarankan membawa jaket, syal dan kaus kaki selama diperjalanan. Udara di GZ cenderung kering dan berangin.

Money Matters

Khusus untuk Guangzhou, sebagian besar toko/butik lebih menyukai atau hanya menerima pembayaran cash. Jadi mohon untuk menyediakan uang tunai dalam jumlah yang cukup, namun ada batasan membawa uang tunai dalam jumlah maksimal setara dengan USD 5000, diatas itu ada kewajiban untuk declare ke custom setempat.

Money Changer

BSM menyarankan untuk tidak menukar uang tunai disembarang tempat di China, terutama di GZ karena tempat penukaran yang tidak dapat dipertanggungjawab banyak sekali terdapat uang palsu dan penipuan pada saat penukaran uang...

Sebaiknya menukarkan uang di Indonesia saja dan diusahakan ada uang receh pecahan 1/2/5/10/25/50/100 rmb/ yuan, agar tidak repot membayar atau memberi tip selama perjalanan.

ATM

BSM juga tidak menyarankan menarik uang melalui ATM selama di GZ, karena nyaris semua ATM dengan tulisan China jika salah sangat beresiko kartu tertelan, kecuali jika dari bank asing seperti citi bank atau HSBC. Mohon disiapkan fotocopy kartu kredit bolak-balik yang akan diperlukan jika terjadi kehilangan kartu kredit.

Travelling Cheque

Travelling Cheque bisa dicairkan di hotel-hotel berbintang , namun dengan kurs yang lebih tinggi sekitar 2-5 % dari kurs yang berlaku. Biasanya hanya bisa dilakukan pada hari kerja juga. Jadi BSM juga tidak menyarankan untuk membawa terlalu banyak Travelling cheque.

Tips

China terutama GZ belum berbudaya memberikan tips. Jadi tidak ada standard tertentu. hanya saja biasanya jika sesorang membawakan belanjaan kita atau membawakan koper (porter) kita kasih serelanya... namun standard china sangat murah, karena biaya hidup juga sangat murah disana.. Tips untuk porter di hotel biasanya tidak lebih dari 5 yuan.

Pajak

Di China, semua harga barang dan makanan di restaurant atau tarif hotel sudah termasuk pajak.

Kartu Hp

Bisa dibeli dalam pecahan Y 50,100,300,500, namun perlu diperhatikan kecuali untuk pasca bayar, tidak bisa sms.

Em@il

Tersedia di bisnis centre di hotel berbintang dengan tarif yang berbeda-beda

Makanan

BSM menyarankan untuk sangat berhati-hati dalam memilih makanan, terutama bagi kaum muslim, karena makanan-makanan di restaurant sepanjang jalan banyak menghidangkan daging kucing, babi, anjing dan ular. Di sarankan untuk makan di restaurant dengan reputasi baik atau franchise internasional

Minuman

Minuman kaleng sangat murah di china, begitu juga dengan air mineral. Disarankan untuk tidak minum dari keran sekali pun dari hotel , karena tidak dijamin kebersihannya. Minuman keras bebas diperjual belikan di china.

Taxi

BSM menyarankan jika ingin pergi menggunakan taksi sebaiknya meminta bantuan pihak hotel untuk menuliskan nama tujuan kita dalam tulisan china, karena nyaris semua pengemudi taksi yang tidak bisa berbahasa inggris, banyak yang buta huruf latin taua sering juga belagak bego trus kita diputer-puter. BSM menyarankan jika pergi kemanapun memberitahukan pihak hotel, sehingga jika kita tidak kembal dalam jangka waktu tertentu pihak hotel bisa menghubungi pihak berwajib.

MRT

Kondisinya lumayan bersih, namun semua petunjuk kebanyakan dalam tulisan china, bsm menyarankan untuk banyak bertanya, meskipun dengan bahasa isyarat.

Laundry

Tersedia di hotel, namun lumayan mahal, bahkan kadang lebih mahal dari membeli baju baru di GZ... hehehhee... judulnya... beli saja baju baru... belanja sampai mati banget ga sih....

P3K

BSM menyarankan membawa survival kit... hehehe... a.k.a P3K, karena jika mendadak sakit ada sih dokter dan rumah sakit canggih, tapi biasanya suka terbentur kendala bahasa... jadi saran saya sediakan bekal obat-obatan. Obat diare ( imodium/kaopectate ), obat alergi ( ryzen ), antibiotik ( amoxilin ), Obat pusing, obat demam, betadine handyplast atau dll disesuaikan dengan kondisi.

Shopping

Toko/butik kebanyakan buka dari jam 10 pagi. Untuk daerah tertentu tutup jam 5 sore, sedangkan untuk daerah seperti beijing lu, shangxia jiu lu bukan sampai jam 10 malam, week end banyak yang buka sampai jam 12 malam.

Copet

Hati-hati, GZ termasuk daerah paling tidak aman di China, banyak sekali copet. Biasanya banyak copet anak-anak atau orang yang pura-pura nanya, sementara temannya nyopet. Sebaiknya dalam perjalanan satu grup saling mengawasi. Jangan letakan semua uang disatu tempat juga dokumen-dokumen berharga. Sasaran mereka biasanya paspor. Karena paspor palsu sangat berharga di sana.

Pengemis

Di GZ banyak sekali pengemis terutama di trotoar untuk itu disarankan untuk tidak meladeni ajakan berbicara para pengemis atau meladeni mereka... believe me... jika diladenin satu, tar datang sekampung ngeroyok kita... dan banyak juga belagak pengemis tapi kemudian nyopet... hati-hati ya....

Traveling with Kids

Hati-hati membawa anak-anak, karena anak kecil adalah sasaran penculikan untuk dijadikan pengemis atau diambil organ tubuhnya lalu dijadikan pengemis. Anak hilang juga susah sekali dicarinya.... Jadi HATI-HATI jika membawa anak-anak!!!!!!!!

Toilet

China sangat terkenal dengan kejorokan toiletnya, karena itu BSM menyarankan untuk tidak terlalu banyak minum selama dalam perjalanan dan sebaiknya ke toilet di hotel atau restaurant saja. Masih mendingan daripada public toilet.

Yang tidak boleh tertinggal dalam perjalanan :


  • Gembok koper beserta kunci-kuncinya...
  • Lotion anti nyamuk
  • Body Lotion
  • P3k
  • Tissu Basah
  • Botol air mineral
Ok... have fun in Guangzhou China with BSM !!!!!!

join us....

BSM

3 komentar:

amelia mengatakan...

VERY IMPORTANT FOR ALL BSM BUYING TRIP TOUR GUANGZHOU 1-4 MAY 2008 PARTICIPANTS

Mohon perhatian dan kerja samanya.....kepada semua peserta untuk efisiensi waktu belanja dan biaya selama di Guangzhou,... agar segera email saya privately...

1. Barang apa saja yang mau dibeli secara detail.... misalnya : Baju , tshirt cartoon character 100 pcs price range rp 40rb-50.rb, atau misalnya tas xxx , black and dark brown colour in premium quality.

2. Estimasi jumlah barang keseluruhan yang mau dibeli, karena BSM akan menyediakan jasa ekspedisi atau cargo.

Untuk barang-barang yang sifatnya spesifik atau merek-merek tertentu hendaknya diberitahukan minimum dua minggu sebelum berangkat, agar dapat diupayakan cari tempat penjualan terbaiknya.

Perlu diberitahukan bahwa dengan pergi rombongan maka diharapkan proses pembelian dan pengiriman barang akan lebih mudah karena menyangkut masalah adanya minimum quantity pembelian dan pengiriman barang untuk harga wholesaler....

Any kind of question, please email me...

BSM

ameliamasniari@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Mbak Amelia Yth,

Thanks for sharing a lot in these blog.
Kita semua jadi lebih mengerti lagi keadaan di guangzhou.
Mau tanya donk, Gold elephant Building di guangzhou itu, dekat area mana ya?
APakah dekat areal Bai Ma, Shima, dsb nya?
Thanks banget

Anonim mengatakan...

sangat menarik, terima kasih