Sabtu, November 01, 2008

JANGAN JADI TURIS KERE DI BALI

Untuk ukuran kantong penduduk Indonesia kelas menengah ke atas, berlibur ke Bali itu jika ingin nyaman , dalam arti bukan jadi turis bule gembel atau backpacker ( sorry to say to backpackers ), terasa mahal, baik untuk biaya penginapan atau biaya “ kenakalan” , termasuk didalamnya dugem dan shopping…

Makan di restaurant yang biasa banget, bukan yang dikategorikan mewah, paling tidak kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 100.000/orang… jika mau makan malam ala fine dining, paling tidak kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 150.000/orang, itu belum termasuk minuman seperti cocktail atau wine… bisa lebih dari segitu….


Begitu juga untuk biaya dugem, Kudeta adalah yang termahal… menurut saya… segelas bir bisa mulai dari Rp. 100.000 ++ , aneka cocktail , sekitar Rp. 150.000++ jangan ditanya kalau namanya buka botol.. wah benar-benar mahal untuk ukuran orang Indonesia… tapi menurut saya , harganya memang sebanding gengsi yang ditawarkannya… sebagai club paling prestigious di negeri ini…

Yang saya suka sesali justru prilaku orang bali atau pekerja-pekerja dunia pariwisata di Bali yang suka pandang remeh terhadap turis Indonesia… Perasaan saya, di mata mereka mungkin menganggap, orang Indonesia ini kere, tidak berduit seperti orang bule…. Atau orang jepang… Padahal sebenarnya tidak juga… sebagai icon Belanja Sampai Mati, saya tahu persis mental dan budaya orang Indonesia yang sangat konsumtif… kalau mereka dari kalangan berduit… Dan saya pribadi, kalau namanya berlibur, itu nyaris ga ada cerita ala gembel bule... saya bukan tipe orang yang bisa backpacker... sorry to say... kalau mau berlibur itu ya untuk senang, untuk dinikmati dan nyaman.... jadi tidak mungkin dong kalau tidak bayar harga.... jadi judulnya pasti bawa duit dan berlebih... untuk itu kita berhak dong dilayani dan dihormati, oleh sesama bangsa sendiri lagi...

Cerita saya nih…

Di sebuah toko perhiasan perak yang sangat terkenal RP…

Saya masuk melihat lihat etalase mereka, ada sebuah anting-anting imut yang saya kepengen sekali.. Pada waktu yang bersamaan ada beberapa orang bule yang nampaknya serombongan datang melihat-lihat…. Lalu saya panggil sales attendant nya… “ jegek … saya mau lihat dong..?? “ jawab dia ketus… “sebentar” .. Karena saya memang benar benar ingin beli, saya rela menunggu… sambil melihat lihat yang lain…Tidak lama kemudian rombongan bule itu ngeloyor pergi tanpa membeli apapun… lalu saya panggil lagi tuh jegek itu…. Ada dua orang mereka…. Mereka menghampiri saya… baru melayani saya semenit… lalu masuk lah dua orang perempuan Jepang… rupanya sales attendant yang tadi melayani saya bisa berbahasa Jepang, tanpa permisi, dia langsung meninggalkan saya tanpa permisi… Satu kata saja…. KURANG AJAR…. Lalu saya langsung keluar toko itu… dan saya bersumpah sampai mati tidak akan ke toko itu lagi….

Ketika saya check in di sebuah butik hotel… begitu saya bilang saya sudah reservasi, mereka langsung bilang begini… Ibu tahu tidak kalau tarifnya dalam US $$$$...??? terus saya bilang sama mereka.. mau mata uang apapun itu, kalau saya sudah bisa masuk, artinya saya sudah bisa bayar… sebel ga sih??? Ini kan REPUBLIK INDONESIA, kenapa rupiah sama sekali tidak dihargai???

Ketika saya sedang berjalan jalan di seminyak, saya melihat ada sebuah gallery yang menjual sofa yang sangat nyaman, jika dilihat… lalu saya tanya berapa harganya… jawaban si jegek ini… ini dalam USD… langsung saya semprot habis-habisan.. pertanyaan saya kan… ini harganya berapa?? Ya jawab dong dengan berapa harganya… bukan dijawab dengan kalimat : ini dalam USD… benar-benar menyebalkan…

Makanya jika berkunjung ke Bali, saya pantang gaya gembel… harus kelihatan berduit… terpaksa deh tanduk ibu pejabat dikeluarin… hahhaha baru deh dianggep… sebel tidak dihargai dinegeri sendiri…

12 komentar:

Anonim mengatakan...

heheheh emang begicu mba.. nih sepatu kadang mau tak terbangin ke muka mereka yang ga ngerhargai. Emang harus disemprot..biar tau dikit. Heheheh esmosi.

Lisa mengatakan...

hi hi hi ketawa saya bacanya. jadi inget film julia roberts n richard gere apa tuh... oooh pretty woman.

Anonim mengatakan...

selamat ya mbak....

tadi ceritanya dodi ngantar cew dedi ke rs untuk liat temennya yang melahirkan, dan disana ada bacaan tabloid nova edisi 27-2 nov, n ada prifilnya mbak...

wahh keren tuh.....

Anonim mengatakan...

Biasanya yang suka nyolot itu statusnya masih ikan kecil. Kurang training, gaji ngepas, pangkat tak naik2. Hahaha. Tapi sifat mendewakan orang asing dan mata uangnya itu emang penyakit banget sih di sini. BTW ini ada link artikel Amy dari Nova Online, udah liat blom? keren lhoo...selamat yeh.^_^
http://www.tabloidnova.com/article.php?name=/amelia-masniari-belanja-sampai-mati&channel=profil

trahayuni mengatakan...

hehehe..
bukannya seneng atau gimana, saya baru tahu kalo bukan cuma saya yang mendapat perlakuan begitu

terakhir kali ke Bali, kira2 pertengahan tahun 2008 ini, saya juga mengalami peristiwa yang menyebalkan. kesan saya sama Bali jadi turun... T_T

Anonim mengatakan...

nggak cuma di Bali aja deh kayaknya Mbak Amy... di resto or hotel bintang di jkt juga gitu...
kebetulan laki saya org Middle East. kalo qta lg dinner di resto mewah... uda dehhh kayak ratu sejagad. ehhh giliran saya yg kebetulan wkt itu lg ada janji ama client (bule) di sebuah resto salah satu hotel mewah di jkt... langsung dehhh waiter & waitress pada kasak kusuk gak jelas... disangkanya saya itu "B**CH" yg lg ada transaksi kencan gt kali yaaa... hadohhh hadohh... indonesia!!! selalu ajah ngejudge org dr kulit luarnya doank!!!

ayang cempaka mengatakan...

Bener mbak. IMO, meskipun dandanan gembel/ backpacker jangan pernah underestimate sama calon customer **namanya liat2 kan calon customer tuh**. Nggak mesti yg dandan mentereng bisa afford barang mahal juga, toh tergantung tiap individu gimana menghargai sebuah produk bukan?

SHIRLEY KOSASIH mengatakan...

aduh mba amy..., baca tulisan ini saya jadi inget lagi kekeselan saya tahun kemaren waktu liburan di bali. orang bali tuh aneh yah..., sorry waktu amrozy cs ngebom bali dan bali sempet sepi, turis lokal lah yang istilah nya kasih masukan untuk pariwisata di sana, inget banget saya waktu beberapa bulan setelah di bom bali begitu sepi nya, mau pijit aja di pantai legian sampe tarik-tarikan... saking kasihannya ada 4 ibu2 kepangin rambut saya karena mereka belum dapat uang dari pagi, eh tahun kemaren pergi lagi udah pada sombong..., nanya harga aja suka di cuekin... ampun deh males ke bali enakan ke tempat lain lombok misalnya yang pantai nya masih mulus orang2 nya pun sopan2.

Anonim mengatakan...

benar sekali mba,
saya baru sekitar setengah tahun ini pindah ke Ubud,karena pekerjaan. Selama setengah tahun ini pula sangat merasakan sekali diskriminasi yang diberikan kepada kita orang indo. kayaknya kita tuh gak mampu bayar gitu loh!...uh menyebalkan...padahal gak tahu mereka kalo bule2 itu kadang2 lebih kere dan sangat pelit serta perhitungan....

giwel mengatakan...

coba deh orang2 itu disuruh idup di jogja , pasti diajari lembah manah, ngudi saliro,always says"nggih,monggo,pareng".bruntunglah daku tak suka ke bali.forbidden city for me.


PS: boro-boro mikir ke bali,jenk.buat beli Manolo blahnik aja kurang.hahhaaha

Unknown mengatakan...

halo mba amy salam kenal ya..

aku begitu baca rubrik mba di sosialita langsung berjam2 nongkrongin laptop bacain postingan mba satu2..hahaha,

semoga mba baca ya..

first thing first, aku ngiri berat sama profesi mba..itu tuh profesi yang aku idam2in banget mba..tiap hari aku abisin berjam2 buat blog-browsing atau web-browsing semua yang berhubungan sama fashion sampeee semua colleague aku bingung sama aku..hahaha, serius mba..

anyway mba..di polyvore.com kita bisa padu padan fashion stuff impian kita lho mba..dunia khayal gitu..(kalo belum tau ya mba)..

yang kedua, aku punya temen yang super duper kaya raya ya ya ya, maknya itu juragan sawit di riau..dan kebetulan emang tampak batak banget (aga2 tampang gak komersil) dan pakai tongkat pula..dia waktu lagi ke tempat tas bermerek juga dicuekin dan bahkan ketika dia bilang mba liat yang ini donk tuh orang bilang 'ibu ini harganya segini lho'..rese ya tuh pelayan..terus kata mama temen aku 'mba nanti saya beli semua'..eh beneran dibeli aneka warna satu bentuk doank..ahhaha

tapi aga2 susah juga sih ya mba..soalnya memang manusia ini begituuu kasat matanya..alias udah flesh and blood dan sinful nature nya yang mau liat semua dari apa yang diliat mata..

untung Tuhan meliat hati..

hehehe

sukses selalu ya mba


neway, apakah mba sedang mencari asisten..ehehe

salam

maria

Anonim mengatakan...

Jegek ... bukan hanya di Bali, kebetulan memang di Bali lebih banyak bulenya sehingga kasus spt ini sering ditemukan. Di Jakarta di salah satu butik di Barito pernah ibu saya sedang bercermin saat hendak membeli dan mencoba anting (kalau tidak salah)....kemudian ada bule masuk dan ingin juga bercermin ... tanpa ba-bi-bu itu cermin yang dihadapan ibu saya diambil ... dan langsung saat itu juga ibu saya pegang tangan SPG dan 'mengajarinya' agar tidak termehek-mehek mentang-mentang yang masuk tamu bule. Si SPG pun meminta maaf. Mungkin di Bali juga harus lebih sering secara langsung di tempat (sebagai shock therapy) ditegur pada saat SPG berlaku tidak sopan. Kita 'yang lebih ngerti' seharusnya mendidik bangsa kita sendiri. Banyak contoh misalnya saat antri dsb., orang kita sendiri yang tidak / kurang 'beradab' dalam antrian.