Kamis, November 06, 2008

RESPOND JANGAN JADI TURIS KERE DI BALI

Hi dear all...

Saya mau berterima kasih atas respon yang luar biasa terhadap tulisan saya ini.... baik yang mereponnya melalui komentar di blog, di face book , bahkan email khusus ke saya... memang tidak semuanya setuju dengan tulisan saya ini... tapi saya juga kan tidak pernah meminta anda untuk setuju dengan tulisan saya ini... semua respon teman-teman adalah kehormatan untuk saya... dan saya mau berterimakasih karena banyak teman-teman yang turut sharing cerita di Bali....

Berikut ini saya muat komentar teman-teman saya.... yang ditujukan ke saya, bukan melalui kolom komentar di blog saya ini....

Sandra Abikusno,

Eh tyt aku bs baca...wah bener banget tuh, emang kesadaran wisata org Ind minussss... Ga tau apa kl bule2 itu perhitungan..booo hare gene...(Gemes.com)

Oktaviana Elin,

wach..wach...kayanya jenis pekerjaan yang berhub dengan human harus di kasih pelatihan ya..mengenai perilaku timur.. Jd gak ad bedanya memperlakukan wisatawan baek asing mopun domestik.pake $ maupun rp...

huehuehueh sepertinya gara2 wisatawan domestik berkelakuan aneh ya..(walau gak semua)makanya pemberi jasa suka jutek,,kynya sama2 intropeksi dech...

Dwi Williman,

bingung juga sih Mi. untuk para pekerja jasa pariwisata
terkadang tourist Indonesia memang suka menyebalkan. contohnya, dalam hotel bisnis (curhatan swami gue nih). Tourist Indonesia suka mengisi satu kamar.. lebih dari 2 orang (max,3 org dengan extra bed tentunya. lebih dari ada charge tersendiri). tourist indonesia.. hehehe suka membawa cheapy food dari luar ketimbangkan makan di hotel's resto atau pesen room service. bahkan ada yg beneran pengen ngirit... bikin indomie langsung di boiling pot-nya hotel... halah.

truss... yg sering di complain lagi... umm behavior tourist kita. swami gue suka elus elus dada, liat costumer-nya... tamu hotel bintang lima tapi berkelakuan/manner minus. tapi nggak smuaaa lho ;-)

tapi bener lho jenk.... gue tuh di bali ngerasa nggak nyaman juga. orang orangnya senyum... tapi nggak tulus. like they smile becoz want something from us.. buntut buntutnya nawarin dagangan.

beda banget dengan thailand. mereka beneran murah senyum... dan tulus. nggak seagressive di bali.

Indri Purnamasari,

Setuuujjuuuh banget ama jeng Dwi !!! apalagi gw kan mantan anak hotel bo !!! 6th ngelus2 dada juga sambil pengen gw jewerin atu2 , makanya gw ga pernah berbuat yg aneh2 deh kalo nginep di hotel, kan ga mau di cap sebagai org ga ber manner , yang katanya pake tas LV & ber mobil Mercy juga pelita hati lhoo bo !! ..ogah rugi juga judule'..memang ga semuahh org indo begituh HARAP DICATAT , tapi kebanyaaakaannn sih begitu..

wuuuiihh..boiling pot buat masak air bikin tea / coffee buat indomie..itu indomie di ubek2 dalem water jug ,ckckckck..sekamar bisa se RT & masih banyak lagii deh tuh lists-nyaa..

Gw udah lama ga ke Bali siih jadi blom bisa ngomentarin , tapi emang yah Dwi..Thailand tuh tulus banget - gw tinggal di Thailand 4.5th bisa bgt nge-rasa ketulusan mereka si org lokal sama sesama lokal or farang / bule , dikasih 20baht / kurang lebih 7000 rupiah udah trimakaassiiihh & sumringaaahh bgt , nah disini ngasih tip 10000 di liatin atas bawah lho !!..( ini bukan ngomongin tip utk hotel berbintang lhho yaahh , kalo itu laen crita dehh..)

But I loveeeee working in hospitality industry !!! found my other half there :))..

Dewi Santi Marlina,

syukur deh ada yang ngangkat crita ini, soalnya daku pernah crita ke temen kurang lebih sama,eh malah aku yang diingetin,dibilang jangan galak2.Gimana gak galak, gw kalah ama turis yang betul2 kere,sedih ....gw....,tapi untuk temen2 gw org bali maaf ya,kebetulan critanya pas lagi di bali nih...

pastiiiiiiii....biar tau kita juga punya dollar, hehehe...

Ayu J Agriani,

Hi Mba Amelia salam kenal ya...
Ayu setuju banget Mba ma tulisannya, setahun yang lalu dalam rangka Ulta Nyokap kami berdua jalan2 ke Bali..nginep di salah satu Hotel Bintang 5 di Bali ..pas tiba sarapan (memang pada saat itu turis lokal cuma beberapa yang lainnya bule)...pada waktu itu lay out tempat breakfastnya ada yang dibagian dalam ruangan dan ada yang diluar ruangan sehingga bisa melihat taman dan pantai...dan Nyokap maunya yang di luar ruangan....so saya minta ma pelayannya meja yang diluar...tapi tuh pelayan bilang...klo yang diluar gak ada lagi meja yang kosong..padahal waktu itu jelas2 masih ada beberapa meja yang kosooooong bo..tus saya cuek aja nunjuk klo meja itu gemana Mas?..oh yang itu sudah di reserved Mba...klo yang sebelah sana? itu juga sudah direserved? ehmmm dah mulai BT tuh saya...tus saya tunjuk lagi meja yang lain..terus dia bilang .."oh klo yang itu memang belum di reserved Mba tapi untuk 4 orang ...Mba khan cuma ber2...WHAT?!! padahal saya liat ada tamu2 bule yang lain duduk 2 enak aja tuh dimeja yang peruntukan untuk 5 secara mereka cuma ber2 gitu loh.. So kontan reflek saya bilang ma tuh pelayan " I am a guess in this hotel, I payed by my own money and you don't tell me where I have to sit...if you don't like it...you can call your manager and I'll make sure you get fired within To day..You have no idea with who you are talking to'..." (
terus saya bilang sama nyokap..ayo Mom terserah Mom mo duduk dimana aja...uhhggg sebel banget dah ...

Pengalaman yang lebih dahsyat lagi terjadi sekitar 4 bulan yang lalu...pada waktu itu saya dan temen2 ber 5 (campur bule dan Indonesia), rencananya akan ke salah satu tempat clubbing diLegian..karena salah seorang teman bule kita mau ke ATM jadi kita tunggu diluar tuh Pub..gak lama karena terus hujan, akhirnya kita tunggunya jadi agak kesamping bangunan (berteduh)..Rupanya karena hujan teman bule yang habis dari ATM gak ngeliat kita (padahal cuma beda 5 langkah, tapi mungkin krn hujan dan bising, dia gak denger panggilan saya) , so dia terus aja jalan masuk ke dalam Pub ....security yang jaga (badannya tinggi gede, lumayan nyeremin sih) waktu teman bule saya masuk dia hanya tersenyum dan mempersilahkan temenku masuk...eh pas giliran ku dia ngehadang pake badannya dengan kasar dan gak sopannya dia bilang, lewat entrance yang sana!! reflek saya tanya donk..'" tadi temen saya boleh masuk kok saya gak?? Tau gak jawabannya..."soalnya dia bule dan kamu bukan!!! sembari nunjuk muka saya...OMG, kontan donk gw ngamuk..'What d' hek that suppose to mean???
Tau gak Mba apa jawabannya?? Dengan PD dan kasarnya dia bilang..."Ini Peraturan manajemen, Berani kamu melawan peraturan manajemen?!!
(alamak, yang lebih kasar lagi dia coba menepis badan saya) Lalu saya bilang, (sorry ya ) "F" with your management rule, that is the most silly and stupid things...ever..terus saya bilang...Bapak tuh Ngaca!!! Bapak orang apa? orang bule lu???!! gak pernah ya belajar sopan santun ma perempuan...atau badan segede githu beraninya cuma ma perempuan??!!
Eh tuh Security (ato preman sana kali) malah dengan ngototnya bilang, kamu nantang peraturan manajeman (CAPE De')....tanpa peduli lagi klo saya tuh cewek....saya pelototin tuh security tus saya bilang what an idiot!!
(padahal khan klo dipukul so pastilah satu jotosan saja, pasti aku langsung pigsan tuh Mba..he..he)..maklum karena aku bersaudara 4, laki2 semua so bawaan ku agak2 cuek and rada nekad \\\\\;p

ebetulan temen saya terus kluar dan lihat saya sedang adu mulut, terus dia bilang ma tu’ security ..”hey you should be polite talking with the woman" karena ngeliat gelagat temen bule ku yang mau jotos ma tu security...saya bilang...No! He is not our level, He's not even worthy, lets get out of here...
Ampunn deh Mba, pada saat itu saya merasa sangat sedih dan marah...karena bagaimana mungkin saya mendapat perlakuan Rasis dari sesama orang indonesia di Negara Indonesia sendiri....for me that doesn't make any sense.... my money and their money is just a same!!...padahal Mba...orang2 kita tuh klo ke bali paling sedikit kita nginepnya ditempat yang at least lumayan lah...sedangkan bule....mereka sih yang kere malah banyak! Liat aja daerah poppies dkk, turis kita yang disana bisa diitung ma jari kalee...he..he
Secara ya Mba, orang kita khan klo liburan, yang namanya belanja ma oleh2...wyuihhhhh No SATU dah...ha..ha
So Guys...klo ada diantara kita yang dapet perlakuan serupa gak enak githu pas liburan ke bali...mendingan Speak up!! So pembelajaran juga buat mereka...!

Omar Sjahnan Siregar,

Mmm, udah sering denger cerita2 kaya gini, tapi alhamdulillah gw gak pernah tuh being ill-treated di Bali, padahal gue ngerasa kaya gembel kalo jalan2 disana....mungkin aura gw ya... :-)

Visa Maulina,

Omarr.. mukenye udh muke orkay..susahlah dikira gembelnya. Btw g jg blm pernah digituin ama org bali, abis kemana2 selalu pergi ama org bali asli, juga jarang jajan.. abis turis kere kyk g, sarapan pagi di hotel yg banyak biar siang masih kenyang, baru malem cari indomie depan double six.

Amelia Masniari

@Omar, dear... gue dah kenal elu belasan tahun... segembel2 nya elu, sendal elu, belt elu, waist bag elu, traveling bag elu kan either LV or Prada..... hhahaha... ya ga gembel lah itu namanya .... hahahahahhaah

@ Vis... you really know how to be humble....

Pramudya Yanuanto,

Waduh selama aku jalan-jalan walaupun merupakan backpacker, aku sama sekali nggak pernah dapat perlakuan buruk tuh.
Oke deh aku ngaku aja ...
soalnya aku super gembel, jadi cuma nginep di Mushola dan tidak ada anak-anak hotel di sana ... Yang ada cuma marbod ... manager, cleaner, security, dan bartender ...
Termasuk di Bali ... Mungkin sambil sekalian minta tolong dipromosikan lokasi Wali Pitu penyebar Islam di Bali ya? ... pleeeeeease ...

Omar Sjahnan Siregar,

Kikikkikk......ah jeung Amy bisa aja...

Visa Maulina,

@ Omar, g jd teringat lembali cerita mobil lo yang dijebolin kacanya belakang Gran Melia, waktu itu lo nangis bukan krn isi tasnya tapi krn tasnya Prada (or LV ya).. uh..pokoknya merk2 bau2 Milano..

Rahmadiana Idhar

hi...ngomongin bali gak ad abisnya...tp gak semuanya gitu koq..pengalaman gue ikut day cruise ke nusa lembongan dimana semua penumpangnya bule semua n cuma gue n hubby a yg melayu..mereka gak beda2in....malah bisa dibilang lebih ramah ke kita dibanding ke yg bule2 itu ...

Untuk sahabatku Omar

Happy Birthday.... all best wishes are only for you....

love,

Amy

Tidak ada komentar: