Jumat, Juni 05, 2009

GREAT SINGAPORE SALE 2009



Waktu management team saya memberitahukan ada ajakan dari Singapore Tourism Board ( STB ) untuk berpartisipasi dalam media gathering, 3 Juni 2009, saya senang sekali, apalagi waktu tahu, bahwa saya sebagai pembicara untuk sharing tentang GREAT SINGAPORE SALE 09 ( GSS 09 ). Sebagai ibu dari 3 anak cowok yang masih kecil kecil, saya memang sudah lumayan berpikir keras mau diajak kemana tiga cowok cowok ganteng ini kalau libur naik kelas nanti.

Beberapa minggu yang lalu, sebelum ada undangan dari STB saya sudah menawarkan anak anak, mau ke Medan ( kampung halaman saya ), Bali, tempat liburan favorit saya, atau Singapura. Dan ketiga adorable prince ini tanpa komando langsung teriak... SINGAPORE !!!!!!! dan Matteo , anak saya yang paling kecil tiba tiba teriak..." mama... pipo citi... pipo citi..." maksudnya VIVO CITY... Jelas sudah kalau saya kalah dalam pemungutan suara.

Sepertinya Singapore menjadi " dreamland " bagi anak anak saya. Favorit mereka nih, ke Toys R Us di Suntec City Mall dan Forum Mall... ya iya lah, tidak seperti toko mainan di Indonesia, nyaris semua mainan yang dijual di sini, bisa dicoba dan dimainkan sebelum dibeli. Mereka juga suka sekali naik Duck Tour yang berangkat dari Suntec City Mall, untuk berkeliling Singapura. Sampai sekarang sepertinya mereka tidak pernah lupa dengan pengalaman ini.

Waktu paling tepat untuk membawa mereka berlibur adalah saat libur kenaikan kelas, yang kebetulan selalu bertepatan dengan Great Singapore Sale, jadi bukan saja anak anak yang senang, maminya juga amat sangat senang sekali, hehhehe....

GSS adalah event yang saya tunggu setiap tahun, karena biasanya selalu ada kejutan yang membuat hati saya senang. Sebenarnya sih buat saya, yang menyenangkan dari shopping bukan apa yang kita beli, tapi lebih kepada kegiatannya, perburuannya, kalau menemukan suatu barang yang keren, dan pastinya harus saya suka, trus harganya miring, rasanya seneng banget, rasanya seperti seorang manusia gua yang berhasil berburu seekor pelanduk hehehe...

Dan yang membelalak mata, GSS 09 dibuka dengan sale dari Club 21 selama 3 hari, yang memberikan penawaran hingga 90 %. Makanya tidak usah heran antri dan padatnya luar biasa, karena sebuah dress Calvin Klein, seharga SGD 500,- tiba tiba di " sale " jadi USD 50,- Gimana gak histeris ya, mahluk yang namanya perempuan kalau disodorin barang barang seperti ini... Kalau di Sing, sale barang barang " high end brand " kan emang niat banget, jadi langsung " bunyi" deh perbedaannya dengan yang ada di Jakarta. Favorit saya tuh kalau lagi Sale, On Pedder, Club 21, Shanghai Tang... bener bener ngences dan ngences terus... Aku juga suka banget loh sama brand brand lokal Singapura. Aku suka Charles and Keith, Pretty Fit, Aldo, G2000, masih terjangkau dan pastinya keren. Singapore memang paling jago dalam memanjakan pengunjungnya, yang sebagian besar shopaholic berat... Mereka benar benar " all out " dalam mengembangkan pariwisatanya, terutama wisata belanja.

Krisi ekonomi global dan pertumbuhan mall dan bisnis retail yang sangat ekspansif di Indonesia, nampaknya membuat pemerintah Singapura dan kalangan bisnis retail Singapura untuk membuat inovasi agar Singapura tetap menjadi tempat belanja yang menarik bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung, terutama orang Indonesia yang sangat dikenal sangat konsumtif dan impulsif saat berbelanja.

Tidak seperti GSS sebelumnya, tahun ini, sektor kuliner ikut berpartisipasi dalam SGS dengan memberikan penawaran dan hiburan hiburan yang sangat menarik. Jadi wisatawan juga dimanjakan bukan saja selera mata, tapi juga selera perut. Wisata Kuliner memang sangat menarik di Singapore, baik dari fine diningnya sampai ke " Hawker " nya... hanya ada dua, enak dan enak sekali, hehheh...

Nyaris setiap Mall besar memberikan " teaser " bagi setiap pengunjungnya yang datang membeli. Ada yang memberikan kupon ata goody bag untuk nilai perbelanjaan tertentu. Saya saja lagi naksir berat sama payung hello kitty yang jadi goody bag untuk para pembelanja di Paragon.

Berlibur dan berbelanja di Singapura memang tidak murah, apalagi jika dibandingkan berkunjung ke Malaysia , Bangkok apalagi China. Tapi ada banyak hal yang tidak terdapat di negara lain selain di Singapura. Kenyaman berpergian di Singapura tetap tidak tertandingi, termasuk rasa aman meskipun kita berjalan di tengah malam. Berbeda dengan di Indonesia, kita bisa berjalan jalan, dengan jalan kaki, hanya memakai celana pendek, tank top dan sendal jepit, masuk ke Louis Vuitton, tanpa harus risih dilihatin oleh mata mata menyelidik apalagi usil, dan dijamin tetap akan mendapat perlakuan dan pelayanan yang manis dan terhormat.

Yang luar biasa dari Singapura adalah transportasi publiknya. Aman, bersih dan ramah terhadap pengunjung. Tidak bakalan ada tuh cerita kita bakalan dibawa ke mana mana, sengaja disasarin biar argonya mahal. Jadi meskipun bahasa Inggris kita patah patah, pasti enggak bakalan tersesat apalagi " lost in translation " heheheh...

Master Card juga bermurah hati loh...

Setiap pembelian dengan Master Card dalam jumlah tertentu, slipnya bisa dituker jadi voucher taksi sebesar Sing 20 atau Sing 30. Lumayan kan, daripada harus cape cape ngejar ngejar MRT, hehehe... Ini nih, ciri ciri turis Indonesia, pada males jalan, habis kebanyakan jinjingan sih... Maklum , semuanya memiliki Jinjing's DNA.

Saran Miss Jinjing untuk teman teman yang mau ke Singapura selama GSS...


  1. Pastikan mampir ke visitor center terdekat untuk mendapatkan banyak voucher voucher discount dan hadiah. Rugi kalau dilewatkan.
  2. Jangan lupa bawa koper kosong, karena dipastikan koper anda akan beranak bercucu dan bercicit karena itu pastikan uang dollar singapura anda tidak habis , karena masih harus membayar overweight.
  3. Jangan lupa bawa kartu Master Card anda untuk mendapatkan banyak kemudahan.
  4. Pastikan pergi dengan teman yang ber"chemistry" dan pastinya ber DNA jinjing...biar ga bete sepanjang jalan...
  5. Jangan lupa tukarkan slip belanja anda di Mall dengan goodie bags yang menarik dari pengelola pengelola mall yang berusaha keras menyenangkan hati " customer " nya.
  6. Jangan lupa sehabis belanja apa saja di atas Sing 100 dalam satu slip, mengisi formulir Global tax refund. Lumayan kan, bisa beli parfum sama coklat sisanya.
  7. Belanja heboh boleh, tapi kendalikan diri anda supaya pulang tidak bangkrut dan jangan sampai terlilit hutang.
Sampai ketemu di Great Singapore Sale 2009 yah...

xoxo

Amelia Masniari

10 komentar:

Nisye mengatakan...

Mba Amyyyy!!!
I'm so happy reading this article over n over again!

Asyik sekali baca ulasannya Mba Amy plus dikasih tips segala kan bagus utk kita2 yg 1st time visitor ke spore heheh :-)

Mba, sayangnya daku masih di Arizona hiksss
Maybe next year after I get back to Indo deh baru mampir ke SGS...

Makasih ya infonya berharga sekaliiiMba...

Salam hangat utk 3 jagoanmu,
Nisye
Phoenix, Arizona

Monica Patricia mengatakan...

^___^

mba amy emang paling TOP!
makasih atas tipsnya.

aku paling suka tips no. 2 & 6!

Silk Trading mengatakan...

diskon di Singapore memang gila-gilaan, kenapa ya di Indonesia tidak bisa seperti itu?

Wisata Singapura mengatakan...

Untuk info lebih lengkap tentang berwisata ke Singapura bisa dibaca di blog kami. Semoga berkenan. Terima kasih buat Miss Jinjing atas di approvenya komentar ini.

Soraya mengatakan...

Hai Mbak Amy !
Mbak, aku overexcited banget lho baca review mbak yang satu ini .. sungguh menyentuh dan menggoda iman .. hehehe :)

Singapore emang tau banget cara manjain kita para penggila belanja yang udah sampe stadium 9 .. :)

Makasih buat tips2nya ya .. aku suka semua !!

Ajeng Sueztika Constitusia mengatakan...

Mbak amyyyyy! thx ya Infonya. Aku selalu seneng ah baca tulisan mbak amy... Eniwei, jadi wondering.. masih punya master card ya? katanya CC uda digunting... hehehe... pis....pis....

boegil mengatakan...

Mba Amy,
Bener2 luar biasa ulasannya, jadi semakin PeDe nih belanjanya

Anyway saya dapet schedule di akhir penutupan discount 24-26 July.. ke GSS nya , kira2 ada suggest mba? krn last timing hiks..hiks..

Tq

me mengatakan...

Buat para mba-mba yang lagi terjangkit virus "shopaholic" .. AYO tetep semangat belanja mbaaaa .. Masih ada 3 minggu lagi nih buat belanja sampe gempor di Singapura .. hihihi :)

Vhello Fuentes mengatakan...

wowww,,,, saran yang sangat keren banget lho.... U'll print this one... gracias por todo....

Vhello Fuentes mengatakan...

wowww,,,, saran yang sangat keren banget lho.... U'll print this one... gracias por todo....