Senin, Desember 03, 2012

MISS JINJING SUPPORTS SONGKET MEULABOH


Am so in love with SONGKET MEULABOH...

Tsunami sudah 8 tahun berlalu.... masa pemulihan masih terus berlalu... dampak yang dirasakan masih saja mengilukan telinga dan hati korban dan yang menyaksikan bekas-bekas kehancuran yang ditimbulkan tsunami dan pasca tsunami itu sendiri. Kerugian bukan saja material dan juga imaterial. Jika kerugian material langsung menghantam, kerugian imaterial panjang masanya... 

Aceh pasca tsunami bukan saja kehilangan 1/3 penduduknya, tapi juga mengalami kerugian budaya... banyaknya korban jiwa tanpa kita pernah sadari sebelumnya, kita telah kehilangan pengrajin-pengrajin emas terhebat dinegeri ini, penenun-penenun tangguh.... bersamaan Aceh juga kehilangan perhiasan tradisional emasnya, dan kehilangan songket-songket emasnya dalam hitungan menit semua tersapu habis.... Aceh dan Emas adalah tidak terpisahkan... Emas adalah lambang kemakmuran di Aceh... Status Simbol terbesar Masyarakat aceh. 

Sekarang sudah teramat sulit ditemukan orang yang bisa membuat kerajinan emas dan orang yang bisa menenun songket, terutama di daerah Meulaboh, salah satu daerah yang kerusakannya terparah akibat tsunami. Generasi muda di Meulaboh tidak ada lagi yang mau menenun dan membuat perhiasan emas tradisional, karena akan lebih mudah bagi mereka jika merantau ke Medan, Jakarta, atau kerja di warung kopi di Banda Aceh. 

Dalam kunjungan kemarin ke Banda Aceh bersama Garuda Indonesia dan Pemda Aceh dalam rangkat VISIT ACEH 2013.. saya menemukan harta tak ternilai di Banda Aceh... Songket Meulaboh. Songket ini luar biasa indahnya dan membuat saya nyaris berhenti bernafas. Indah, Mewah dan ringan... Sayangnya mereka tidak mau menenun kalau tidak ada yang bisa menjamin songket itu akan ada yang beli... dan kalau pun ada... mereka memerlukan uangnya di depan, agar selama menenun 2-3 bulan, keluarganya tetap bisa hidup. 

Pulang dari aceh, saya tidak bisa tidur berhari-hari memikirkan songket Meulaboh dan kelangsungannya... 

Saya berinisiatif untuk membantu penenun songket Meulaboh... saya bukan istri konglomerat dan bukan istri pejabat... yang uangnya berlebih, tapi saya yakin jika kita bergandengan tangan, kita bisa membantu untuk kelangsungan songket Meulaboh...

Akhirnya saya putuskan untuk membuat

Charity Garage Sale

3-10 DES 2012

ON FB/AMELIA MASNIARI

Hasil keuntungannya akan dipakai untuk membantu penenun-penenun songket Meulaboh... 

Hasil karya mereka akan diolah kembali oleh sahabat -sahabat saya, THE POWER PUFF GIRLS GANK akan dibuat exhibition di acara Launching Buku MISS JINJING PARIS selama 2 minggu di GRAND INDONESIA , Jakarta, FEBRUARI 2013... setelah itu kita akan buat acara di BANDA ACEH versama PEMDA ACEH yang bisa menyemangati PENENUN MEULABOH... bahwa karya mereka bisa lebih dari sekedar selembar kain... 

Banyak yang memperingatkan saya , adalah hal yang sangat sulit untuk membantu orang aceh di ACEH karena karakter mereka yang terkesan keras dan sulit bekerja sama dengan pendatang... tapi saya tetap akan membantu all out sebisa saya... Saya rasa memang yang saya perbuat tidak akan berdampak besar bagi penenun di MEULABOH dalam waktu sekejap, tapi saya percaya hasilnya akan baik adanya... karena saya, teman-teman yang berpartisipasi dan THE POWER PUFF GIRLS GANK berjuang all out... TOGETHER HAND IN HAND... LETS SUPPORT SONGKET MEULABOH 2013

Ditunggu ya, Partisipasinya dalam MISS JINJING CHARITY GARAGE SALE, LETS SUPPORTING SONGKET ACEH 2013 3-10 DESEMBER 2012

I LOVE YOU ALL

MISS JINJING





Tidak ada komentar: