Selasa, Januari 01, 2013

JUZ REALIZE MY BLOG FINALLY MORE THAN 1 MILLION IP READERS


Hi dear all...

Alkisah.... 6 tahun yang lalu, Tebo, 2006... saat itu saya masih dari istri seseorang yang mengabdi pada suami dan keluarganya, ikut pindah ke sebuah kabupaten dipedalaman Jambi, Kabupaten Tebo. Kesepian karena tidak punya banyak teman dan jauh dari peradaban metropolis... saya yang gaptek, dibuatkan mantan saya, sebuah blog untuk melampiaskan rasa kesepian saya. Blog itu bernama belanja-sampai-mati.blogspot.com . Blog itu menjadi teman dalam ke seharian saya di Tebo. Saya menulisnya dengan sepenuh hati dan saat itu saya hanya menuliskan hal-hal yang saya suka dan tidak terlampiaskan selama di Tebo.... SHOPPING.... Saat itu blog belum hal yang lazim di Indonesia dan yang menuliskannya secara specific " all about shopping " hanyalah saya.... Saat itu belum ada satupun blogger-blogger yang disebut fashion blogger dan tidak pernah terpikirkan seorang blogger bisa menjadi celeb... taelahhhh &*#($*@ ... kalau sekarang, banyak banget anak-anak muda bikin blog agar dikenal publik dan bermimpi jadi celeb secara instan dan punya massa di dunia maya... 

saat itu saya benar-benar tanpa pretensi apa-apa terhadap blog saya... 


Saya hanya menulis dan menulis...

lalu dibukalah belanja-sampai-mati yahoo groups... mulailah saya bisa mulai berkenalan dengan pembaca-pembaca blog saya.... yang akhirnya menjadi sahabat-sahabat saya.... sampai sekarang... saya bahagia sekali... tidak menyangka kalau meski dipedalaman, saya bisa punya teman dari segala penjuru dunia... 

Blog saya memang dari awal dilengkapi IP readers, sehingga dari awal saya bisa mengetahui ada berapa IP yang membaca blog saya dalam satu hari ... semakin hari semakin seru, semakin banyak yang baca, semakin kontroversial karena judulnya.... - mungkin -

setelah saya tak lagi tinggal di Tebo, pindah ke Jambi, saat saya sesekali ke Jakarta, saya copy darat bersama para pembaca blog saya... senangnya luar biasa... dulu tak pernah terbayangkan ini akan jadi satu komunitas yang lumayan besar hari ini, tercatat 12000 orang... saat itu kami hanya berkumpul di Starbuck dan Coffeebean... dan bss... alias bayar sendiri-sendiri... tapi hati ini senang luar biasa.... 

dari 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu... ketika IP readers menunjukkan hampir 300 ribu...( pertengahan 2008 ) tiba-tiba gagas media menawarkan saya menulis buku, yang sebagian besar isinya diambil dari blog tersebut. Awalnya saya tidak percaya diri, tapi Windy, Resita, Christian Simamora meyakinkan saya, bahwa pasti bisa dan pasti berhasil... Karena saya masih di Jambi, dan masih ibu rumah tangga dari ketiga anak saya yang saat itu masih kecil-kecil ... Matteo saat itu belum dua  tahun... saat itu mantan saya tugas di Sudan... naskah buku saya itu tidak juga selesai saya tulis... dan judul buku itu belum juga diketemukan, karena saat itu, ada grup musip underground yang menulis lagu yang berjudul belanja sampai mati. Malas rasanya jika harus terlibat kasus. Akhirnya saya terbang ke Jakarta 1 minggu, khusus untuk duduk di kantor Gagas Media untuk menyelesaikan buku ini, dan selesai satu minggu. Akhirnya saya memutuskan judul buku ini tidak bisa sama dengan judul blog saya... Saya berhutang banyak sama windy, resita dan christian... tanpa mereka, semua tidak akan seperti sekarang....

Akhirnya judul buku itu ditentukan... MISS JINJING - BELANJA SAMPAI MATI... Miss Jinjing diambil dari nama panggilan saya dan sahabat saya, Vera... saat itu saya hanya berdoa semoga penerbit yang berbaik hati menerbitkan buku saya, tidak merugi jika buku saya tidak laku... Tuhan sungguh maha baik sama saya... buku itu sukses dipasaran... jadi perbincangan dan saya mendapatkan banyak kesempatan baru ....pembaca blog ini semakin hari semakin banyak, terutama saat ada liputan full tentang saya untuk pertama kalinya di Kompas, Nova dan saat saya ada di acara Kick Andy. Oh ya, saya harus berterima kasih sama sahabat saya, my lil sis, Bestari Bemy dari majalah Chic yang pertama kali meliput blog saya di majalah Chic... duh senangnya saya luar biasa saat itu... saat pertama kali diliput media.... seperti mimpi rasanya...

Saya tidak selalu rajin menulis di blog saya... ada up side down nya... ada senang dan sedihnya... dan ada masa blog ini disandera mantan saya, jadi alat untuk character assasination terhadap saya dan jadi pemicu huru hara perceraian saya di media dan pemicu polemik hak atas kekayaan hak intelektual di dunia maya ... untuk mengembalikan blog ini ke tangan saya, diperlukan perintah pengadilan bersamaan dengan surat keputusan perceraian saya.... Sedih luar biasa... dan saya sempat tidak mau menulis dan trauma menulis blog, walaupun saat blog ini tersandera, saya sempat menulis di blog baru, missjinjingscloset.blogspot.com. Perlahan dan terkesan lamban sekali... saya mulai rajin menulis kembali di blog.... blog menjadi sahabat saya dalam situasi apapun dan saya sangat menyayanginya...

Blog ini pernah loh ada di ranking 3 blog di indonesia dan pernah jadi blog pertama di Indonesia yang dibayar untuk pemasangan iklan salah satu consumer product bergengsi... dibayar bulanan... dan saat itu saya senangnya luar biasa.... kayak mimpi rasanya !

Pembaca blog semakin hari semakin banyak... semakin banyak teman baru ... senang dan merasa takjub hingga sekarang... sungguh luar biasa... saya tidak menyadari sama sekali... dan baru hari ini menyadari kalau ternyata blog tersebut hari ini jumlah pembacanya sudah lebih dari 1 juta IP, entah sejak kapan... tapi hati ini senang sekali... buat saya, 1 juta IP itu angka yang banyak sekali kan, satu juta IP kan bisa berarti lebih dari 1 juta orang, karena satu IP bisa digunakan banyak orang... kapasitas stadiun senayan kan kalau penuh 200 ribu orang... kebayang dong kalau 1 juta lebih orang yang membaca buku saya dibariskan .... duh senangnya...

Anyway.... terima kasih ya, buat teman-teman yang sudah jadi pembaca setia blog saya selama hampir 7 tahun ini.... duhhhh, cepat sekali ya waktu itu berlalu... tanpa kalian, semua ini tidak akan pernah terjadi... doakan supaya saya tetap diijinkan yang punya alam semesta ini tetap bisa menulis ya...

I love you so much

xxx

Amelia Masniari


Tidak ada komentar: