Sabtu, Desember 01, 2007

INNER BEAUTY















Waktu saya kecil ibu saya sudah menanamkan bahwa perempuan harus punya kecantikan inner beauty. Ibu saya bilang jika hati kita bersih dan tidak pernah berpikiran negatif akan terpancar kecantikan tersendiri dari diri kita. Jika kita tidak terlalu cantik tapi hati kita bersih maka akan ada kecantikan lain yang terlihat dari diri kita. Lama sekali saya baru menyadari arti kecantikan inner beauty dalam realitas kehidupan ini, sampai saya berkenalan dengan seseorang (katakan saja namanya listy). Sumpah mati... Ini cerita beneran... tidak ditambah dan tidak dikurang...

Listy seorang dokter gigi dari universitas terkemuka, cantik sekali, putih, mancung, langsing, halus budi bahasanya, baik hati, tidak sombong ( walau istri pejabat ), ringan tangan, suka menolong ( berhubung dia dokter ), jago masak, jago kerajinan tangan... OMG.. rasanya Tuhan tidak adil semua yang baik dan nyaris sempurna ada dalam dirinya...

Tapi jika pembaca mengenal Listy... pasti semua orang pasti jatuh hati padanya... Demi cintanya pada seorang pejabat tinggi ( yang saya ragukan cintanya terhadap Listy karena ternyata dia seorang homo.....) , dia relakan karir sebagai dokter gigi menjadi ibu rumah tangga full time dan pindah ke kota kecil di tengah hutan...Listy sangat sempurna dalam urusan mengurus anak dan rumah ( saya banyak belajar dari dia). Dari mulutnya tidak pernah keluar satu kalimatpun yang negatif tentang orang lain, kalau kita lagi sibuk gosipin orang, dia selalu hanya mengomentari sisi baiknya orang tersebut, dan menurut dia, seburuk apapun seseorang, pasti paling tidak ada secuil sisi baiknya...

Seperti apapun suaminya memperlakukan dia ( yang menurut saya sih jahat banget... istri secantik dan sebaik itu sering dianggurin saja heheheh... ), tidak pernah dia mengeluh masalah finansial, rumah tangga atau kehidupan seksnya ( malah saya lebih sering dengar cerita dari supir atau pembantunya ). Dan dia selalu berkata baik tentang suaminya.. ( yang everybody knows lah seperti apa.. ) Kalau berkaca dengan dia... dia terlihat seperti putri salju dan saya nenek sihirnya, atau dia seperti beauty dan saya, beast nya...

Selain itu... kalau mau lihat contoh perempuan yang sakinah, mawadah, warohmah ( semoga spellingnya benar ya... habis saya bukan muslim... ) ...lihat lah temanku Listy... Dia secara rutin mengadakan yasinan untuk keselamatan suaminya dan anak-anaknya.... puasa senin-kamis untuk suaminya... Sampai saya sering berpikir, sahabat saya ini manusia atau bidadari atau malaikat yang kesasar di bumi.... Pernah ga dengar ungkapan doa istri menyelamatkan suami? Nah... Saya yakin sekali, doa Listy yang selalu menyelamatkan dan memuluskan karir suaminya..

Sepanjang pertemanan kami, hanya satu kali saja dia mengeluhkan suaminya yang agak perhitungan uang sama dia. Saya yang masih duniawi sekali ini dengan entengnya jawab begini... " ya udah mba... kalau diminta baik-baik ga mau, ya colong aja tuh duitnya... banyak ini lagi... " Tahu ga? Jawaban Listy ini hampir bikin saya mau pingsan dan mau bertobat dan seketika saya berasa seperti ketampar-tampar....
"My... saya masih takut sama akhirat... "
Buset dah... hari gini dia mikirin akhirat..... Ampun... Ampun... Tuhan.. Saya suka nyolong duit suami... hehehe... udah ga masuk akhirat aja kali ya... mungkin kalau ada oven terpanas diakhirat, saya direbus disitu kali ya.... Percaya ga... sampai di rumah saya langsung minta maaf sama mantan pacar saya... eh tapi ga lama kemudian kumat lagi hehehhehe............

Listy ( dia berkerudung ) sangat sederhana dalam berbusana, dan sama sekali tidak pernah beli baju mahal....Kalau saya maniak ke salon,... kalau dia ke salon hanya sesekali untuk potong rambut dan creambath... Jadi kalau pergi sama dia, saya jinak sekali, karena sering tidak enak hati dan merasa bersalah. Listy juga tidak pernah pakai perhiasan yang jrenkkkk, kecuali cincin kawinnya itu, jadi kalau pergi sama dia terpaksa menanggalkan semua bling-bling , jrenk-jrenk saya di rumah. Tapi saya senang pergi sama dia, jadi hemat... hehehe...

Listy tidak pernah berdandan lengkap... Saya tahu persis dia hanya pakai pelembab dan bedak tipis-tipis, dengan lipstick baby pink... tapi percaya deh.... ada sinar yang tidak bisa dijelaskan yang keluar dari mukanya... Dia terlihat cantik sekali... Saya pernah lihat dia tertidur... dan dia persis seperti putri salju yang tertidur.... Saya ingat ibu saya... Oh... ini namanya inner beauty...

Saya selalu terkagum-kagum dengan orang yang punya inner beauty... Istri Gubernur Jambi, Ibu Ratu Munawaroh Zulkifli Nurdin.... Nyaris mirip dengan teman saya Listy... Terlalu sederhana untuk seorang ibu gubernur ( dia masih muda sekali...30 an ), baik dalam berbusana maupun ber make-up, cantik halus tutur bahasanya, tapi tidak ada yang nyangka kalau sudah kasih pidato berbobot sekali... dan terpancar aura tersendiri dari dirinya ketika berbicara....Menurut cerita para ibu-ibu bupati di Jambi ( yang semua sangat sayang dan hormat padanya ) yang saya kenal, jika ada kunjungan kerja ke Jakarta atau luar negeri, ibu Ratu juga tidak gatelan belanja atau hura-hura... dia hanya duduk manis mendampingi suaminya....

Beberapa hari yang lalu saya terperangah melihat istrinya Roy Marten, Anna Maria... semua statementnya yang membela dan memaafkan serta masih memberikan kesempatan pada suaminya membuat saya menangis di depan televisi... Saya sampai berpikir, kasihan sekali ya mantan pacar saya itu dapet saya... jauh sekali dari perempuan-perempuan yang saya ceritakan tadi...

Saya jadi berpikir.... ternyata mendapatkan Inner beauty itu sama sekali tidak mudah... Kalau berdandan atau bermake up mungkin bisa dipelajari, tapi inner beauty tidak cukup dipelajari saja tapi butuh hati yang bersih dan kepasrahan diri untuk menerima apa saja yang kita dapatkan di dunia ini dengan ke tulusan hati.....



Dedicated for my best Mbak.... kesayangan ku....
Mba... I adore you.....

amy....

Tidak ada komentar: