Senin, Maret 24, 2008

HOBBY LELAKI

Dari dulu ibu saya selalu menanamkan doktrin sama saya bahwa yang namanya laki-laki harus punya hobby yang positif yang semakin menguras tenaga dan pikirannya semakin baik, supaya dia tidak terjerumus 3 hal yang paling banyak merusak kehidupan dan masa depan seorang laki-laki. Tiga hal tersebut adalah judi, narkoba dan wanita.... tapi menurut saya sekarang harus ada satu lagi ancaman yang serius, penyimpangan seksual seperti bisexualitas atau trisexualitas... ( tertarik dengan lawan, sesama jenis dan dirinya sendiri...)

Ini cerita hobby 2 lelaki yang paling berpengaruh dalam hidup saya....

1st of all...

My Dad....

Dia hobby banget yang namanya mancing di laut lepas yang bahasa kerennya trolling.... Alat -alat pancingannya adalah " toy " kesayangannya... yang dia rawat dan dia jaga.... Dad benar-benar all out untuk hobbynya yang satu ini... Mulai dari membeli peralatan yang terbaik yang so pasti.... tidak murah sama sekali... Dulu saya tidak habis pikir melihat dia membeli sebuah alat pancing yang harganya dua ribu dollar lebih, padahal pancingan lainnya yang berserakan di kamar mainnya ( dia punya kamar khusus untuk mainannya ini ) yang menurut saya sih tampangnya sama saja di mata saya. Membangun villa khusus memancingnya yang lengkap dengan dermaga untuk kapal sandar di Binuangen, Malimping , Banten. Fantasi My dad, one day, Binuangen akan jadi French Riviera nya Indonesia...

Dulu saya cemberut karena di Newyork saya terperangkap di toko pancingan berjam-jam melihat dia bermain-main memilih ribuan jenis umpan atau rapala.... yang harganya satu bisa dua puluh dollar lebih...Padahal kaki saya sudah gatel pengen cepet-cepet ke Neiman Marcus karena di sana sedang sale... tapi saya tidak berdaya, karena saya waktu itu financially depend on him.... kalau ga sama dia, siapa juga yang mau bayarin belanjaan saya??? terpaksalah saya bermuka manis ... hehehhee

Dulu saya terbingung2 karena waktu jalan-jalan ke Melbourne, saya harus membawa titipannya, sebuah pancingan yang panjangnya dua meter dan amat sangat berat dan dipastikan membuat saya kerepotan di bea cukai bandara jakarta...

Karena hobby my dad, saya bisa jalan-jalan melihat Indonesia yang sangat indah... Dia sudah pernah mancing di laut ambon, laut arafuru, Sumba, teluk manado, Ternate sambil bakti sosial operasi bibir sumbing gratis dan operasi-operasi yang lainnya di kampung-kampung di pedalaman Ambon, Manado, dll... ( saya jadi menetes kan air mata setiap melihatnya ). Beliau bisa tahan berdiri operasi berjam-jam ( bibir sumbing itu termasuk operasi paling complicated ), Dengan dibantu sejumlah asisten, beliau bisa operasi sampai 20 kasus dalam sehari. Untuk manusia yang normal, hal ini sangat melelahkan, tapi beliau masih punya energi yang luar biasa untuk mancing trolling dilaut lepas sehari semalam... My Dad mengajari saya untuk mencintai tanah air ini.

My Dad mengajari saya untuk menghargai kesenangan orang lain, apapun bentuk kesenangannya... Pernah kami lagi dilaut lepas... saat memancing, umpannya lepas dibawa kabur ikan yang sangat besar, umpan itu rapala seharga usd 20... trus saya ga sengaja nyeletuk... wah umpan itu 20 usd... lenyap deh duit...My dad nampaknya tersinggung dengan komentar saya, trus dia bilang.... kamu ga boleh ngeresein kesenangan orang... supaya kesenangan kamu ga diresehin orang.... liat papa ga pernah protes mama beli sepatu sampai ratusan pasang.... see... diam lah sudah mulut usil saya ini...

Jika ingin melihat dia tersenyum, bahas lah hobbynya yang satu ini... Dia tahan duduk bercerita berjam-jam sambil memperlihat foto-fotonya. Saat melihat dirinya bercerita, senyumnya lepas sekali.... Ceritanya nih.... dia berusaha mati-matian menularkan hobbynya kepada mantan pacar saya.... beberapa kali ke laut lepas....oh ... saya langsung mendidih dunk.... bukannya apa-apa.... masalahnya ini hobby yang amat sangat mahal...... kami belum sanggup memiliki kapal, bensin 1000 liter sekali jalan, peralatan pancing yang tidak murah, upah awak kapal, dll..... oh noooooooo.... not now...

Waktu saya sewot, Mama langsung belain My dad... Saya diceramahin panjang kali lebar oleh mereka berdua.... bahwa laki-laki harus punya hobby positif.... Iya sih... benar... tapi kalau memancing di empang aja sih masih ga apa... ini mancing trolling gitu loh..... sementara gaji mantan pacar saja tidak cukup untuk biaya mancing sekali.... Mungkin nanti kalau sudah penuh " bling-bling " kali yah ... hahahaha

Dad.... I love you so much....

Hobby Mantan Pacar...

Sekarang saya relax menghadapi hobby mantan pacar saya yang computer freak.... saya tidak pusing liat dia beli printilan komputer yang ga ada matinya...., gonta-ganti lap top, dll... masih mending lah dari pada hobby mancing...

Cuma saya suka gemes aja, kalau kemana-mana nenteng lap top, masuk cafe di mall bukannya bercengkraman sama saya, malah main aja dengan mainannya dia selama berjam-jam sementara kaki saya sudah gatel pengen keliling-keliling ( tapi kalau sekarang saya sudah bisa menerima kok, jadi biar aja dia di cafe, trus saya muter-muter sendirian, kalau udah cape ke cafe lagi ) .... trus kalau udah di rumah bisa main komputer dari pagi sampai ke pagi lagi.... saya dicuekin....

Tapi saya ingat pesan Mama dan My dad... ga boleh marah sama hobby suami.... Jadi saya diem saja... paling senyum-senyum liat hobby mantan pacar saya. Keinget terus sama my dad....

Setelah saya menikah, memang saya lihat, suami-suami teman saya yang " bermasalah dengan judi, narkoba dan perempuan " biasanya adalah pria-pria yang tidak punya hobby positif dalam hidupnya.... Jadi penyaluran energi dan uangnya ke hal-hal yang " aneh-aneh " yang menyengsarakan anak dan istri di rumah...

Terima kasih untuk ke dua orang tua saya yang memberikan pelajaran hidup yang sangat berharga.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi ami!

setuju banget sama post kamu ini ttg hobby :) suami saya juga punya kamar khusus utk mainan2 dia. Kalo saya complain krn dia terlalu asyik dgn mainan2 dia (he collects action figurines), dia bilang, "would you rather be jealous with a toy or with a girl?" :p dan kalo saya protes krn menurut saya his hobby is vain dan cuma buang2 uang aja.. dia suka ngeles, "I'm collecting all these so I can pass them on to my son" haha..whatever :)
biarpun saya gerutu2..tp I know I am lucky to have a hubby with a hobby :D

Neo mengatakan...

hihi.. "antara aku kau dan laptopmu" :p kek plesetan judul pilem

amelia mengatakan...

hiks... hiks... saya dapat banyak comment via email facebook dan ym ttg artikel ini...

Emang sih suka sebel, tapi ga apa lah daripada hobby pere atau drugs....

say no to all of them

Anonim mengatakan...

betul...
dua pria dalam hidup saya adalah kakak dan papap karena saya masih single n looking :D
hobi pap murah banget naik sepeda tiap pagi sambil keliling kampung, pulang ke rumah sebelum dhuhur. jantung dia yang paling sehat alias tidak pernah kena pisau bedah di antara teman-teman seangkatan dia.
kebalikannya hobi kakak, hobi dia tuh ngabisin duit. buat sound system mobil dan rumah, belanja baju dan celana yang warna dan motifnya sama semua cenderung gelap dan yang terbaru suka bikin geli, ngabisin duit buat beli golf toys. semuanya udah komplit padahal dia masih blom bisa mukul bola dengan benar :))

cheers,
shanty

Devi mengatakan...

Wah ternyata selain share info belanja, Amy jg memberikan nasihat perkawinan toh ;p hehehehe..

atique mengatakan...

wah beneran mba amy.. punya suami computer freak emang freaky.... same with me here....
suamiku computer programmer..dan gamer :)kalo udah coding... mukanya nyureng mulu.. dan kalo udah main CS..kita brisik dikit aja dia ribut.. katanya g bisa denger langkah musuh....LOL....
blom lagi bli pernak pernik asesoris compienya....
tapi sekarang atik dah bisa nyesuaiin.. kalo dia bareng ma compienya.. kita juga bisa ngegosip ato brows baju2 lucu di internet :) kaya di BSM ini