Kamis, Maret 27, 2008

TIPS BUKA BUTIK XI : PERSAINGAN


Memutuskan buka butik berarti memutuskan untuk siap bersaingan di dunia perdagangan yang “ kejam dan tiada ampun “. Tapi jangan kecil hati dalam menghadapi persaingan, karena didunia bisnis apapun, sekalipun hanya jualan ikan di pasar ikan juga akan di hadapi dengan yang namanya persaingan. Persaingan adalah hal yang biasa, untuk itu perlu disikapi dengan menggunakan kecerdasan yang Tuhan berikan untuk manusia, bukan dengan emosi jiwa yang meledak-ledak.

Persaingan akan semakin sengit jika kita menjual barang-barang yang mirip atau varian dari / dengan yang dijual oleh tetangga kita. Mencuri langganan, fitnah dan sabotase dan banting-bantingan harga adalah sebagian kecil dari bentuk persaingan yang bakal dihadapi pemilik butik.

Kadang kita dihadapi situasi banting-bantingan harga yang tidak dapat terelakan lagi, yang membuat kita harus ikut bertarung. Dari pengalaman yang sangat mahal harganya dan sakit waktu menghadapinya, saya mendapat pelajaran, bahwa banting-bantingan harga adalah sama dengan balapan bunuh diri, tapi entah siapa duluan yang mati !!! Banting-bantingan harga pasti ada batas kekuatannya dalam pertarungan, karena pada dasarnya orang dagang pasti mau untung dan ada cost yang harus dibayar…sewa toko, maintenance fee, gaji pegawai, uang makan, parker dll…

Jika kita pemain baru dan melihat pemain lama dan besar seakan tiada matinya banting-bantingan harga jangan keburu panik, karena saya percaya dalam satu butik jika ada 100 item, tidak akan semua harganya dibanting, pemain besar juga pasti sadar akan cost yang harus dipenuhi… Biasanya misalnya: dari 100 item, 5 dibanting harga jualnya bahkan jauh di bawah harga modal yang membuat seluruh pesaing ternganga-nganga melihatnya, tapi pasti ada harga item-item lainnya yang harganya di mark up…. Yang 5 item tadi hanya sebagai sweetener agar pembeli masuk ke dalam butik mereka. Dan mereka menangguk masih menangguk untung dari yang lain. Karena itu, sekali lagi jangan cepat panic, hadapi persaingan dengan sikap bijak dan buat strategi tersendiri.

Strategi yang bisa dijalankan antara lain sbb. :

  1. Menjual barang yang unik yang tidak ada kembarannya diantara sesama butik…
  2. Rajin pasang mata atau kalau tidak mau ketahuan , kirim mata-mata untuk mengecek barang –barang yang ada di tetangga sebelah atau pesaing berat…
  3. Perkuat garis belakang, atau lengkapi seluruh pegawai kita dengan product knowledge yang cukup dan pengetahuan pelengkapan lainnya terutama sopan santun… Beri kesan yang baik dan ramah terhadap semua pengunjung baik pembeli besar atau pembeli satuan , mereka adalah sarana promosi yang luar biasa bagi butik kita terutama jika mereka puas dengan barang-barang yang disediakan dan pelayanan yang diberikan.
  4. Jangan ragu untuk membuang sedikit dana untuk mempertahankan langganan mereka, kalau perlu beri mereka makan siang ataupun gift , sekalipun sederhana atau murah, namun akan sangat berkesan bagi mereka.
  5. Beri pelanggan pelayanan ekstra home delivery, sales visit ke rumah mereka, pre order ( order khusus sebelum kita buying trip ) , sneaky preview ( intip barang baru sebelum di display, dan membiarkan mereka memilih terlebih dulu. Dijamin langganan akan puas…
  6. Jika kepepet…. Tidak ada salahnya, mengorbankan dua atau tiga item kita korbankan , jual dengan harga modal sebagai sweetener agar orang terpancing masuk ke dalam butik kita. Tapi pastikan juga ada item-item lain yang memberikan untung yang lebih sebagai kompensasi kerugian di tiga item yang dikorbankan.
  7. Lengkapi data base langganan secara detil, ukuran sepatu, blus, celana ( review secara berkala ), warna kesayangan mereka, warna yang mereka hindari, kebutuhan-kebutuhan khusus…. Ajak mereka untuk membawa teman-temannya dan jika mereka membawa teman-temannya jangan lupakan insentif manis untik mereka, yang sederhana seperti gantungan kunci atau lipstick akan sangat berkesan.
  8. Berdoa dan senantiasa percaya bahwa rezeki semua Tuhan yang atur… manusia tidak dapat menghentikan keran rezeki yang Tuhan berikan, kalaupun keran rezeki kita di berhentikan orang, percayalah, Tuhan akan membuka keran-keran rezeki lainnya.
  9. Berdoalah agar tempat usaha kita dijauhkan dari kuasa-kuasa jahat ( santet, hipnotis , dll ) yang menghancurkan usaha kita. Percayalah Tuhan akan memberkati setiap umatnya yang bekerja keras, berdoa dan mengandalkan kekuatanNYA
Love

amy

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mba.. cool.. ;) thank's bgd buat tipsnya ya.. Berguna bgd tuh bwt pemula kaya aku, yg pengen bgd buka butiq tp blm tau cara ngejalaninnya mba... Masih byk yg hrs disiapin.. Cayo trus ya mba :) -Verga-