Kamis, April 03, 2008

SURAT MILIS BSM-DEMAM VINTAGE



pic. from www.platinumblondelife.com




Hi dear all...

Nampaknya banyak sekali penyakit milis BSM ya... dari demam batik, sekarang demam " vintage " . Baju-baju model vintage memang sekarang digemari. Termasuk juga saya. Barang-barang vintage terdiri dari dua kategori, yang pertama, memang asli vintage, bekas pakai yang masih layak pakai dan tetap terlihat chic dan elegant, dan yang kedua adalah, barang baru, namun bermodel atau reproduksi "vintage" a.k.a antik, a.k.a. tempo dulu.

Saya sih cenderung memilih kategori yang kedua, barang-barang yang merupakan repro dari model-model dulu... Nenek saya punya kebaya-kebaya yang sangat bagus dan sangat terawat hampir 100 tahun... namun ukurannya tidak bersahabat dengan saya... begitu juga dengan perhiasan seperti cincin dan gelang kepunyaan beliau yang sangat cantik-cantik namun tidak ada yang muat dipergelangan tangan saya. Kain-kain batuk tulisnya yang sangat cantik dan langka, nampaknya sangat rapuh untuk dikenakan... Oleh karena itu saya sih lebih memilih mengenakan yang reproduksi.

Setiap ada kesempatan ke luar negeri saya kerap berjalan-jalan ke flea market, a.k.a pasar loak... jika menemukan barang-barang yang lucu, mau juga saya membelinya, namun saya belum terlalu junkies dengan barang-barang vintage ini....



Saya lagi senang sekali browsing Chanel vintage di internet... Brand yang satu ini memang luar biasa... Pesonanya dari tahun 30 an sampai sekarang terus bersinar, so classic, elegant and timeless... Saya lagi berpikir, jika ada rezeki saya akan mulai mengkoleksinya....



Chanel Lace Dress Vintage 1937


Berikut ini adalah cuplikan forum milis BSM yang terkena demam vintage

Topik : Kemeja Flannel

Halo Mbak Amy,
sebelumnya salam kenal dulu, udah lama gabung tapi baru say hi nih. PF
ya Mbak, sukses bikin milis unik ini.

Mau tanya nih Mbak atau mungkin ada member BSM yang tau dimana saya
bisa memperoleh bahan flannel bermotif kotak2?

Saya pengin sekali pakai lagi kemeja flannel kotak2 seperti dulu, tapi
pingin jahitkan yg baru. Apakah ada toko kain yang masih jual bahan
flannel kotak2 dengan kualitas cukup bagus di Jakarta? Atau adakah
member BSM yang tau toko yg jual kemeja2 flannel kotak2 yg kualitasnya
bagus? Thanks before..


cheers,

:: sarie

Hi dear... beberapa tahun yang lalu waktu aku masih rajin bikin
barang2 bayi, aku pernah liat kain flanel kotak2 itu.... tapi nama
tokonya lupa... ada di toko tekstil diruko2 samping itc mangga dua
yang khusus tekstil... tapi ga tau ya, dia mau ga jual retail???
soalnya aku dulu selalu beli gulungan... kalau dia nanya bilang aja
buat sample dulu... hehehheh... lagu lama gue tuh hahahahha....

Kadang ada juga bahan sisa ekspor disana.... lucu2... kan orang bule
suka buat untuk piyama...

ok... selamat berburu...

Hai Sarie,
Kemeja flannel yang seperti dipake koboi-koboi itu
bukan? Dulu waktu jaman kul, favorit saya tuh :P
Saya punya warna merah, yang keren banget dan banyak
banget yang naksir. Waktu itu belinya di Bandung, di
pasar baju-baju bekas, saya lupa namanya, harganya
cuma 3 ribu perak setelah ditawar. Kalo sekarang
mungkin istilahnya flannel vintage kali yeee...:D
Jadi, mendingan Sarie hunting aja di pasar-pasar yang
jual baju bekas gitu. Kalo teliti hunting dan dicuci
dengan bersih *ke laundry* pasti hasilnya keren banget
dan gak ada make selain Sarie ;)

cheers,
shanty
have a nice day ;)
http://monicdailyphoto.blogspot.com/

Dear Shanty...saran yang bagus tuh.. kan vintage lagi in lagi tuh
sekarang...

Dear mbak Amy dan teman-teman semua,
Sekarang pasar-pasar "vintage" kan banyak yang digusur
bukan? benerin yah kalo salah..
Nah, share info dong dimana aja pasar "vintage" yang
barang-barangnya masih bagus, kalo di Surabaya dulu
ada di jalan Gembong, gak tau deh sekarang masih bisa
jualan gak, digusur melulu sih... :/


cheers,
shanty
have a nice day ;)
http://monicdailyphoto.blogspot.com/

Thanks Mbak Amy sarannya, aku akan coba hunting juga kalo gitu ke
Mangga Dua. Thanks !

:: sarie

Hai Shanty, iya betul yang kayak koboi2 itu hehehe..Btw, penjelasnmu
bikin aku naksir ama kemejamu itu deh..hehehe..masih ada gak? dan yang
penting mau kamu jual gak? hahahaha...sounds silly, but i'm serious
lho...:) Aku gak keberatan kok walopun seandainya sudah agak belel,
justru makin suka..:)

cheers,

:: sarie

Hai Sarie...
Make kemeja flannelnya pasti gak dikancing kan, trus
dalemnya make kaos oblong doang. Yiha! tinggal naik
delman udah jadi koboi kita :))
Maap yah, kemejanya gak dijual, soalnya pas banget di
badanku, gak keliatan kayak baju minjem gitu loh :P
Kalo Sarie posisinya di Jakarta, hunting aja ke pasar
Senen. Siapa tau Sarie cukup beruntung ketemu jodoh
kemeja flannel di sana, good luck ;)

cheers,
shanty
have a nice day ;)
http://monicdailyphoto.blogspot.com/

1 komentar:

shanty mengatakan...

Buat yang berprofesi sebagai dokter gigi, jalan-jalan ke flea market *aka pasarloak* ada saran nih dari dokter gigi saya, sapa tau Anda ketemu tang orto kualitas bagus dengan harga tidak sampai sepuluh ribu rupiah. Ini serius loh...