Sabtu, Februari 13, 2010

TINA MITRA - ASET JAMBI





Tina Mitra dan aku

Begini lah yang namanya, semut di seberang lautan dilihat, gajah dipelupuk mata enggak keliatan, alias... OON...

Sering berpergian ke luar negeri , sering berurusan dengan brand internasional, bank internasional, tapi enggak sadar, ternyata di radius 500 meter dari rumah saya, ada sesuatu yang spesial. Sesuatu yang selama ini tidak pernah saya pikirkan ada di Jambi, kota yang kata banyak orang, " GARING ", padahal salah besar loh.

Tiga bulan yang lalu saya baru sadar, tetangga saya, Tina, ternyata punya bakat dan potensi yang luar biasa, yang dia sendiri sama sekali tidak sadar betapa besar potensi yang dia miliki. Ternyata niy, Tina, punya bakat yang luar biasa, sebagai pengrajin kulit exotic skin leather, terutama Ular. Waktu saya lihat pertama kali, tas karya nya.... dengan bantuan para pengrajin yang bekerja untuk dia, pola nya sudah lumayan untuk beginner, dan jahitannya halus. Hanya saja, karena keterbatasan bahan baku di Jambi - yang saya mengerti benar, jadi aksesoris metalnya dan resletingnya belum bagus sekali, tapi sudah lumayan lah.

Bisnis Tina berawal dari mengumpulka kulit reptil lalu dijual kepada pengumpul dan pengrajin di Jawa, tapi lama lama dia terpikir untuk membuat sendiri karyanya, karena Tina juga suka fashion. Lalu tanpa modal pengalaman sama sekali, dia nekad mencoba usaha ini.

Nampaknya dia pantang menyerah, sedikit demi sedikit, setelah berapa kali uji coba, akhirnya, pembeli mulai berdatangan. Dan hasil karyanya mulai digemari, termasuk juga saya, penggemar beratnya.

Saya sudah punya beberapa barang barang dari kulit ular, tapi saya perhatikan, hasil kulit samakan dan yang telah di bleaching, karya Tina , hasilnya bagus banget, dan halus banget. Setelah saya pikirkan, mungkin penyebabnya adalah, ular Jambi masih liar di hutan rimba belantara Jambi. Dan karena di Jambi nyaris tidak ada pabrik dan minim polusi, ularnya jadi masih organik, belum tercemar zat zat kimia, sehingga kulitnya indah sekali. Dan ukurannya masih banyak yang besar banget, 8-10 meter juga ada.




Ular yang digunakan kebanyakan Ular Phyton dan Ular Gendang... Ular Kobra jarang ditemukan di Jambi.

Saya pernah kirim kulit hasil samakan Tina ke Mbak Niluh Jelantik, dan Mbak Niluh memuji hasil samakannya Tina yang katanya bagus banget.





Masih banyak yang harus dipelajari Tina, tapi saya percaya dia bisa melewati itu semua. Aku siap membantu untuk kesuksesan selanjutnya.

Sukses terus untuk sahabatku Tina ya...

fb
Add Tina Sofa

Tina
Hp 08127417373

Love Ya , Tin

xxx

Miss Jinjing

Tidak ada komentar: