Kamis, November 15, 2007

PACKING TIPS from me

Semakin saya berumur, semakin ribet dan tidak praktis nampaknya kalau packing koper untuk perjalanan. Saya sendiri heran.. makin berumur kok makin pantang ga gaya... hehe......... kayak ga inget umur....Kata teman-teman dan orang tua saya, saya orangnya sangat organized kalau packing barang.. dan teramat sangat ringkas.. sehingga mereka sendiri suka bingung kalau lihat saya berpergian.

Prinsip saya, harus ringkas namun di perjalanan tetap bisa gaya dengan stok yang ada dan yang paling penting harus ada luang yang lapang untuk barang-barang belanjaan saya...Boleh dong saya berbagi tips sama pembaca...

Liburan....


Summer/Negara Tropis


Koper, kalau pergi hanya 2/3malam, sebaiknya bawa travelling bag yang ringan dan tidak kulit, karena pengalaman saya, kalau kulit, sempat terciprat air laut, tidak bakalan bisa tertolong dengan apapun.. Dan sebaiknya koper yang bisa di sesuaikan besar kecilnya dengan resleting. Saya pernah beli koper Ralph Lauren dari bahan parasut yang kalau dilipat-lipat bisa sebesar amplop dan kalau dibuka bisa bawa barang sampai 40 kg.. hebatkan....Koper itu saya beli di US.. sampai sekarang setiap ke butik Ralph Lauren, tidak bisa mendapatkan lagi barang yang sama.


Short ( lagi in )1 pcs ( sebaiknya warna gelap, supaya tidak cepat terlihat kotor )
tapi harus perhatikan lokasi dan negaranya. Jika kita di Malaysia jalan-jalan
pakai short masih dilihat dengan mata aneh. Di Thailand, dilarang keras masuk
kuil dengan short dan sendal jepit.


Tank top,2 pcs ( sebaiknya satu warna gelap dan satu laginya warna terang )


Bikini 1 psg ( kalau tidak pd mending jangan dipaksain, karena ke tidak pd-an kita itu
pasti tertangkap di kamera foto/video.


Celana pantalon 1 pcs, ini berguna jika kita pergi ke restoran fine dining yang tidak memperbolehkan kita menggunakan pakaian casual.


Cardigan warna gelap 1pcs, ini gunanya.. selain untuk baju hangat di perjalanan juga untuk melengkapi celana pantalon untuk pakaian yang agak resmi...


Celana Dalam 6 pcs, kalau tidak ada alergi, pakai yang sekali pakai buang saja ( disposable ), jadi tidak repot mencuci atau menyimpan yang kotor.


Bra 2pcs, yang yang pakai tali dan yang tidak pakai tali, atau tidak usah pakai bra juga ga apa asal pd... hehe.........................


Pareo/ Sarung pantai, barang yang satu ini amat sangat berguna dan tidak boleh tertinggal, karena selain bisa untuk alas, untuk sarung tidur, selimut, jadi rok, jadi pashmina... pokoknya ok banget...Saran saya... beli yang kualitasnya benar-benar bagus, jadi awet dan lama dipakai...


Celana Jeans tetap wajib dibawa, namun kalau untuk liburan kepantai saya senang yang 3/4, karena enak dipakai...




Pelembab, itu wajib.. tapi kalau mau praktis cari pelembab yang sekaligus sunblock.. kalau tidak mau muka kita pulang seperti kepiting rebus... Berdasarkan pengalaman saya yang terbaik pelembab sekaligus sunblock adalah DermaWhite dari Clinique. Kalau yang kelas menegah Banana Boat juga ok...


Lip gloss juga penting karena kalau terlalu lama terpapar sinar matahari bibir jadi mudah pecah-pecah, sehingga perlu lipgloss untuk melembabkannya... Tidak usah yang mahal, juga banyak yang ok kayak vaseline...


Sendal Jepit jangan yang jadul dong.. banyak kok sendal jepit yang cantik-cantik, tidak terlalu mahal tapi kuat banget...Sendal Jepit Charles And Keith juga ok banget dari segi model dan kenyamanan...Kalau saya suka yang warna emas atau silver yang ada haknya 2 cm, jadi kalau malam dugem juga tetap gaya.

Asesoris yang Chunky.. boleh juga... gelang/ anting/ kalung yang trendy juga ok banget...

Sun Glassess ..... wajib... selain untuk melindungi mata.. juga supaya kalau ngeliatin cowok cakep ga keliatan banget gitu loh.....



Winter


Pergi ke negara empat musim pada waktu musim dingin memang lebih ribet dan berat. tapi sejak global warming, eropa dan amerika tidak lagi terlalu dingin di musim dingin seperti dulu.
Namun kita tetap saja membutuhkan persiapan khusus, apalagi orang indonesia tidak terbiasa beradaptasi dengan udara dingin. Udara musim dingin cenderung sangat kering, sehingga sering terasa perih dikulit muka dan gatal di rambut. Pelembab harus digunakan untuk meminimalisir iritasi di kulit. Kadang untuk rambut tertentu malah perlu shampoo khusus...Waktu adik saya baru tinggal di Us.. rambutnya sempat rontok hebat karena tidak tahan udara dingin.


Stocking/Kaos Kaki.. Jika tidak terbiasa udara dingin, biasanya yang terserang duluan jari kaki dan tangan. Pilih yang Lycra jadi enak dipakai..Stocking yang sepinggang lebih nyaman dan tidak mudah rusak dan melorot. Sediakan stocking dua warna, hitam dan warna kulit.


Kaos tangan, untuk yang tidak terlalu tahan dingin, saya lebih suka yang kulit, selain lebih kuat juga lebih hangat.


Coat/ mantel, Saya suka yang yang se lutut dan bahan seperti bahan parasut dan hitam supaya cocok untuk semua baju.. Yang kulit selain terasa berat di badan, juga beratin koper.


Pashmina/Syal untuk melindungi leher dari dingin.


Sweater/pullover ( sweater se leher), biasanya yang bahan rajutan buatan tangan lebih hangat di badan.

Camisole/Singlet, biasanya saya bawa untuk membantu mengurangi rasa dingin di badan. Biasanya saya bawa tiga warna, coklat, hitam dan putih.

Celana pantalon yang terbuat dari wol 50% biar hangat, karena celana pantalon biasa dari milpa sejenisnya tidak mempan untuk mengatasi udara dingin. Favorite saya merek Next, karena jatuhnya di badan bagus banget...

Celana Jeans yang agak tebal dan pipe line... jadi lebar di bawah.. sehingga lebih hangat...

Sepatu boot... wajib donk... Saya suka yang nyaris selutut.. karena lebih sexy... apalagi kalau kaki kita panjang.. kayak pretty woman... hehehe

Bussiness Travelling

Sebenarnya paling enak perjalanan dinas... cuci mata gratis... dibayar pula... Kalau perjalanan dinas ada sedikit beban supaya penampilan tidak memalukan.. maklumlah.. kita dari negara berkembang.. jadi suka dipandang sebelah mata di negeri orang...Don't judge by the appreance.. but the appereance judge... iya kan..... Makanya harus keren dong...

Setrika mini... Wajib... kalau ga bisa stress, padahal seringan tidak dipakai juga.

Little Black Dress, gaun mini memang tidak pernah salah untuk setiap kesempatan. Mau dipakai kerja, tinggal tambah jacket/ cardigan, mau untuk cocktail party tinggal tambah asesoris kinclong... voila...... asik kan.....

Celana pantalon hitam, yang longgar lebih nyaman untuk berpergian. Gaya untuk kerja, ok untuk ke pesta.

Kemeja putih dan kemeja hitam... Percaya deh.. dua ini tidak bakalan salah... dan tidak bakal ketinggalan mode...

Stocking... selain untuk nahan dingin.. lebih clean dan seksi aja kelihatannya

Celana dalam yang halus supaya tidak nyeplak di celana atau rok...

Bra yang ok...

Sepatu kerja yang tidak terlalu tinggi dan nyaman dipakai..Karena di luar negeri justru kita lebih sering jalan jauh daripada di negara sendiri. Di negara sendiri kita lebih sering diantar dan dijemput pake supir atau taksi kan... di luar kita sering naik turun tangga, naik subway... kalau pakai stileto bisa keram betis deh.....

Asesoris yang sederhana tapi eye catching....

Itulah sekedar tips dari saya.. semoga berguna dan bisa tetap keren...

Cheers...

Amy

Tidak ada komentar: