Jumat, Agustus 29, 2008

DEMAM BUNTING

Bunting.... kucing kali ye????

Ini bener-bener aneh.... tiba-tiba teman-teman saya yang umurnya sudah di atas 40 mendadak hamil, dan rata-rata semua hamil anak ke empat... OMG!!! gejala apa ini ya??? Program KB yang gagal atau bapak-bapaknya yang masih pada kegatelan??? Kebanyakan sih mereka kebobolan KB, tapi ada juga yang memang mau. Katanya sih daripada si abang bikin bayi sama orang lain???? Waduh???? bingung ga sih????

Menurut saya, karena saya sangat susah setiap melahirkan, dan selalu nyaris meninggal, menurut saya sih sama sekali tidak lucu jika bercanda dengan nyawa di usia 40 ++ Sangat beresiko. Selain tenaga sudah mulai berkurang, rasanya kondisi badan sudah tidak fit lagi, ada resiko darah tinggi, darah rendah , pendarahan pasca melahirkan dan sederet resiko yang lebih layak dijelaskan oleh seorang dokter ahli...

Dan yang sama sekali tidak masuk diakal saya, kalau kita melahirkan di usia 44 , jika punya bayi lagi, sudah malas duluan ya rasanya jika mikirin harus begadang lagi ngurusin bayi, ganti popoknya, menyusui, walah... ampun deh...dan misalnya, pada saat anak itu lagi berusia 5 tahun, apa lagi jika anak laki-laki, saya rasa kita sudah tidak ada tenaga lagi di usia 49 tahun untuk menemaninya berlari-lari di taman, main kuda-kudaan, gulat dll... aduh, buat saya sih enggak banget deh...Memang umur itu tidak bisa bohong. Umur dan kesehatan itu selalu berjalan berbanding lurus... jadi tidak ada yang bisa dikorting.

Beberapa hari ini saya menemani sahabat saya DA yang lagi hamil. Umur mbak DA ini 43, jika melahirkan nanti 44. Berhubung suaminya selalu sibuk dan nyaris tidak ada waktu, saat DA pendarahan pun saya hanya berdua saja pergi ke rumah sakit , ke UGD. Langsung opname deh DA. Celakanya Dokter yang menangani DA langsung sedang berada di luar kota, maka terpaksa digantikan oleh dokter kebidanan yang lain. Setelah ditangani dengan baik dan diinfus, DA dipindahkan dari UGD ke ruang perawatan. DA agak shock waktu dokter bilang kemungkinannya tinggal 50-50 %. Sekarang pilihan ditangan DA meneruskan atau menghentikan kehamilan, dengan umur 43, ada resiko yang dihadapi. Walaupun tidak terus terang , sebagai seorang sahabat dekat, saya tahu, dia bimbang dan ada rasa takut dalam diri DA. Akhirnya DA memilih untuk meneruskan kehamilannya dengan segala resiko. Hidup ini adalah sekumpulan pilihan, dan agaknya kita harus menghargai keputusan sahabat saya ini, walaupun saya sangat mencemaskannya.

Lucunya selama dalam perawatan, DA sepertinya tersiksa sekali, selain tidak boleh boleh turun dari tempat tidur, harus pipis dan BAB dari atas tempat tidur, dan yang paling menyiksa dirinya, tidak bisa jalan-jalan. DA ini penyakitnya sama persis, kakinya kepanjangan, jadi kerjanya ngukur jalan saja sama saya, tapi ngukur jalannya ga pernah tamat hahhaha.... mestinya jadi tukang ukur jalan kali ya??? Bawaannya pengen turun saja dari tempat tidur, terpaksa deh saya merangkap jadi baby sitter dan satpam... Kalau sudah begini, tinggal saya deh teriak, " Mba, inget umur mba... inget.... "

Tidak ada komentar: